Bintang Bulu Tangkis Jepang Kento Momota Umumkan Pensiun

Bintang Bulu Tangkis Jepang Kento Momota Umumkan Pensiun

Olahraga | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 13:08
share

Kabar mengejutkan datang dari bintang bulutangkis Jepang, Kento Momota . Pemain tunggal putra itu mengatakan bakal pensiun dari dunia bulutangkis internasional untuk membela negaranya alias pensiun dari Tim Nasional Jepang.

Momota mengatakan bahwa dirinya akan mewakili Jepang untuk kali terakhir dalam kariernya di ajang Piala Thomas 2024 . Kejuaraan bulutangkis beregu putra paling bergengsi di dunia itu sendiri akan berlangsung di Chengdu, China, pada 27 April hingga 5 Mei mendatang.

Pemain berusia 29 tahun itu mengatakan bahwa dirinya sadar sudah tak mampu lagi kembali ke performa terbaiknya setelah terpuruk dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu disebabkan cedera yang menimpanya setelah kecelakaan fatal di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Januari 2020 silam.

Saya menyadari bahwa saya tidak bisa lagi kembali ke titik di mana saya bertujuan untuk menjadi nomor satu dunia lagi, kata Momota dilansir dari Kyodo News, Kamis (18/4/2024).

"Saya mempunyai karir yang sangat memuaskan saat bermain untuk tim nasional. Sekarang saya ingin terlibat dalam membantu semua orang menemukan kesenangan dalam olahraga, tambahnya.

Sebagai informasi, Momota merupakan pemain Jepang pertama yang berhasil menjadi juara dunia bulutangkis pada 2018 silam. Bahkan, dia meraihnya secara berturut-turut pada tahun berikutnya.

Pemain kelahiran Prefektur Kagawa itu memang sangat dominan di puncak kariernya. Dia berhasil meraih rekor 11 gelar juara turnamen BWF World Tour pada musim 2019 silam.

Sayangnya, setelah tahun emasnya itu, Momota mengalami kecelakaan parah di Malaysia pada Januari 2020, yang merenggut nyawa supir van yang dinaikinya. Bahkan, mantan pemain nomor satu dunia itu nyaris kehilangan nyawanya juga.

Setelah kejadian itu, Momota comeback pada Desember 2020, tetapi segalanya tak pernah lagi sama. Dia tak mampu mencapai performa terbaiknya lagi dan bahkan untuk bisa bersaing di level atas. Dia hanya bisa meraih dua titel BWF World Tour saja setelahnya.

Kendati pensiun dari Tim Nasional Jepang, Momota berencana masih akan terus melanjutkan karier bulutangkisnya. Namun, dia hanya akan berkompetisi di dalam negeri saja dalam Kejuaraan Nasional dan Liga Profesional Jepang saja.

Topik Menarik