Profil Aus Hidayat Nur, Anggota Fraksi PKS yang Suarakan Hak Angket Pemilu di Rapat Paripurna

Profil Aus Hidayat Nur, Anggota Fraksi PKS yang Suarakan Hak Angket Pemilu di Rapat Paripurna

Nasional | sindonews | Selasa, 5 Maret 2024 - 14:13
share

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Aus Hidayat Nur menyampaikan agar DPR RI menggunakan hak angket untuk mengklarifikasi adanya kecurigaan dan praduga masyarakat terhadap sejumlah permasalahan penyelenggaraan Pemilu 2024. Hal itu disampaikan saat interupsi dalam Rapat Paripurna DPR, Selasa (5/3/2024).

"Ingin menyampaikan aspirasi sebagian masyarakat agar DPR RI menggunakan hak angket untuk mengkarifikasi kecurigaan dan praduga masyarakat atas sejumlah masalah dalam penyelenggaran Pemilu 2024," kata Aus Hidayat Nur.

Aus mengatakan, Pemilu 2024 merupakan momen krusial bagi bangsa Indonesia. Pesta demokrasi ini harus dijaga.

"Gelaran demokrasi ini harus tetap dijaga agar terlaksana dengan langsung, jujur, bebas, rahasia, jujur, dan adil," katanya.

Baca Juga: Mengenal Luluk Nur Hamidah, Anggota Fraksi PKB yang Menyuarakan Hak Angket

Aus juga menilai bahwa DPR RI perlu merespons munculnya berbagai kecurigaan dan sejumlah praduga yang muncul di masyarakat. Apalagi, kata dia, hak angket merupakan hak konstitusional.

Munculnya berbagai kecurigaan dan praduga di tengah masyarakat perihal terjadinya kecurangan dan pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu, kata dia, perlu direspons DPR RI secara bijak dan proporsional.

"Hak angket adalah salah satu instrumen yang dimiliki DPR dan diatur dalam Undang-Undang Dasar dan undang-undang bisa digunakan untuk menjawab kecurigaan dan praduga itu secara terbuka dan transparan," ujarnya.

Jika memang kecurangan dan kecurigaan masyarakat itu terbukti, lanjutnya, bisa ditindaklanjuti sesuai undang-undang. "Jika tidak terbukti, ini bisa mengklarifikasi dan menjaga integritas pemilu, sehingga kita bisa meresponsnya secara bijak dan proporsional," pungkasnya dalam Rapat Paripurna DPR yang dipimpin Sufmi Dasco Ahmad.

Profil Aus Hidayat Nur

Aus Hidayat Nur merupakan politikus senior PKS dan merupakan pendiri Partai Keadilan. Dia lahir di Garut, Jawa Barat, 20 Juli 1961.

Dikutip dari laman DPR RI, Aus mengenyam pendidikan di SMAN 8 Jakarta. Aus kuliah di S1 Sastra Arab, Universitas Indonesia (UI).

Aus juga dikenal sebagai guru di sejumlah sekolah di Jakarta. Selain itu, dia tercatat sebagai dosen STAI Al-Qudwah Depok.

Di PKS, beberapa jabatan pernah dipercayakan kepada anggota DPR dari Daerah Pemilihan Kalimantan Timur ini, antara lain anggota Majelis Syura, Ketua Badan Penegak Disiplin Organisasi.

Topik Menarik