Kritik Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, PKS: Anggaran Itu untuk Perbaikan Pendidikan

Kritik Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS, PKS: Anggaran Itu untuk Perbaikan Pendidikan

Nasional | sindonews | Selasa, 5 Maret 2024 - 11:58
share

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengeritik keras rencana penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk Program Makan Siang Gratis. Sebab anggaran BOS diperuntukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam negeri

Kritik tersebut , dilayangkan anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Fahmi Alaydrus di dalam Rapat Paripurna ke-13. Fahmi prihatin rencana progam makan siang gratis menggunakan biaya BOS. Ia menyatakan, pembahasan anggaran program tersebut sangat tak layak. Apalagi, program itu merupakan salah satu program unggulan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Kami ingin sampaikan bahwa sesungguhnya perbincangan makan siang gratis yang merupakan program janji dari capres cawapres di periode kampanye kemarin sesungguhnya belum layak untuk diperbincangkan apalagi kemudian terdengar wacana bahwa program tersebut akan menggunakan program BOS," kata Fahmi, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: JPPI: Program Makan Siang Gratis akan Membuat Biaya Pendidikan Tambah Mahal

Fahmi menegaskan, anggaran BOS diperuntukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam negeri. Apalagi, ia menilai, masih banyak persoalan pendidikan di Indonesia seperti, kesejahteraan guru hingga minimnya infrastruktur sarana prasarana sekolah.

"Amanah 20 biaya pendidikan itu benar-benar harus dijalankan sepenuhnya dikaitkan langsung untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu kami sampaikan protes atas atau kritik jangan sampai janji-janji kampanye yang terkait dengan makan siang gratis itu menggerus dan mengganggu program BOS yang terkait dengan upaya kita meningkat kan mutu pendidikan," kata Fahmi.

Baca juga: Berpotensi Mubazir, FSGI Tolak Dana BOS untuk Program Makan Siang Gratis

Fahmi menilai wacana program itu telah membuat resah para pegiat pendidikan seperti, tenaga pendidik. Menurut Fahmi, para guru merasa gelisah dan khawatir tunjangannya tergerus akibat pengalihan dana BOS untuk program makan siang gratis.

"Jadi saya mohon mudah-mudahan ini menjadi perhatian kita DPR RI untuk terus mengawasi. Jangan sampai anggaran pendidikan yang sangat-sangat diperlukan itu kemudian terganggu dengan wacana wacana yang sangat tidak relevan dengan peningkatan mutu pendidikan," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, rencana pembiayaan program makan siang gratis akan bersumber dari dana BOS yang dikelola Kemendikbudristek.

Pemakaian dana BOS untuk kebijakan makan siang gratis ini disampaikan Airlangga saat simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis, 29 Februari 2024.

Topik Menarik