Benarkah Indonesia Berencana Normalisasi Hubungan dengan Israel? Istana Menjawab

Benarkah Indonesia Berencana Normalisasi Hubungan dengan Israel? Istana Menjawab

Nasional | sindonews | Jum'at, 1 Maret 2024 - 08:00
share

Istana Kepresidenan melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana merespons berita media asing yang menyebut Indonesia berencana menormalisasi hubungan dengan Israel. Adapun berita tersebut dari Jewish Insider.

Ari Dwipayana membantah kabar bakal terjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel. “Informasi yang disampaikan itu sama sekali tidak benar," kata Ari dalam keterangannya, Jumat (1/3/2024).

Ari juga menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak pernah mengirimkan utusan khusus untuk berkomunikasi langsung dengan pihak Israel. "Tidak benar presiden sampai mengirim utusan khusus untuk berbicara dengan Israel," kata Ari.

Baca juga: Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel, Kemlu: Kami Tak Tahu

Ari mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi menugaskan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi untuk urusan luar negeri. "Untuk urusan luar negeri, presiden menugaskan pada Menlu atau atas koordinasi dengan Menlu," kata Ari.

Sedangkan terkait posisi resmi, kata Ari, Presiden Jokowi diwakili pernyataan dan sikap dari Menlu Retno. “Posisi resmi presiden diwakili oleh pernyataan dan sikap Menlu," pungkasnya.

Topik Menarik