Profil Jacob Rothschild, Bankir Yahudi Berpengaruh yang Tutup Usia

Profil Jacob Rothschild, Bankir Yahudi Berpengaruh yang Tutup Usia

Terkini | sindonews | Rabu, 28 Februari 2024 - 21:56
share

Jacob Rothschild, anggota senior dari salah satu dinasti perbankan paling terkenal di Eropa telah meninggal dunia pada usia 87 tahun, Senin (26/2/2024). Kabar duka sebelumnya disampaikan yayasan Rothschild Foundation.

Baca Juga: Bankir Kawakan Jacob Rothschild Meninggal Dunia di Usia 87 Tahun

Jacob sendiri merupakan salah satu bagian dari keluarga Rothschild. Melihat ke belakang, banyak anggota keluarga tersebut yang dikenal dengan dukungannya terhadap Zionisme dan pendirian negara Yahudi.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Jacob Rothschild ini? Simak ulasan profilnya berikut.

Profil Jacob Rothschild

Jacob Rothschild merupakan seorang bankir investasi asal Inggris. Pada latar belakangnya, ia menjadi generasi keempat dari keluarga Rothschild.

Baca Juga: Konspirasi Yahudi: Kisah Rothschild Mengacaukan Ekonomi Amerika

Jacob lahir di Berkshire, Inggris pada 1936. Ayahnya bernama Victor Rothschild, sedangkan ibunya adalah Barbara Hutchinson.

Mengutip laman The Guardian, Jacob pernah meniti pendidikan di Eton dan Christ Church, Oxford. Ia dianggap sebagai salah satu orang yang memiliki otak paling tajam dan sering terlibat berbagai kesepakatan penting.

Saat beranjak dewasa, Jacob menikah dengan Lady Serena Rothschild. Keduanya hidup bersama selama lebih dari 50 tahun, tepatnya sebelum sang istri meninggal dunia pada 2019 lalu.

Beralih ke riwayat kariernya, Jacob mengawali perjalanannya ketika bergabung dengan bank keluarganya. Namun, ia terpaksa keluar karena terjadi perselisihan dan memilih membangun perusahaan sendiri sejak 1980.

Seiring waktu, Jacob telah memegang sejumlah peran senior di London. Di antaranya adalah wakil ketua BSkyB antara tahun 2003 dan 2008.

Kemudian, ia juga menjadi Ketua RIT Capital Partners, sebuah lembaga investasi kenamaan yang terdaftar di Bursa Efek London. Ia menjabat sejak 1988 hingga 2019 lalu.

Tak hanya menjadi bankir, Jacob turut aktif dalam berbagai kegiatan di bidang seni dan filantropi. Tercatat, ia pernah menjadi ketua pengawas Galeri Nasional tahun 1985-1991 hingga ketua National Heritage Memorial Fund antara 1992-1998.

Lebih jauh, Jacob beberapa kali juga terlibat dalam pekerjaan seperti restorasi Somerset House di London. Kemudian, ia pernah mendapat penghargaan Order of Merit pada 2002.

Per 2023 lalu, kekayaan Jacob Rothschild diperkirakan menyentuh angka 825 juta pounds atau sekitar Rp16 triliun. Terlepas dari status dan pengaruh keluarganya, ia juga menjadi salah satu sosok yang dilingkupi dengan berbagai teori konspirasi.

Sebagaimana diketahui, keluarga Rothschild sejak dulu sering dikaitkan dengan banyak isu dan teori. Misalnya seperti Illuminati, Tatanan Dunia Baru, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai profil Jacob Rothschild, bankir Yahudi berpengaruh yang baru saja meninggal dunia.

Topik Menarik