Ganjar-Mahfud Menang Telak di Amerika Serikat dan Kanada

Ganjar-Mahfud Menang Telak di Amerika Serikat dan Kanada

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 24 Februari 2024 - 03:15
share

Pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menang telak di Amerika Serikat dan Kanada. Perolehan suara pasangan yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura ini bahkan ada yang tembus 50.

Di Amerika Serikat, pasangan Ganjar–Mahfud memperoleh 6.646 suara atau sebesar 50.95. Di Kanada, Ganjar-Mahfud memperoleh 2.351 suara atau sebesar 53.26. Posisi ini jauh melampaui posisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di posisi kedua dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang menempati posisi ketiga. Pasangan Ganjar-Mahfud bahkan menang telak berdasarkan rekapitulasi di setiap pusat lokasi pemilihan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN). Berikut ini rinciannya:

1. Los Angeles, California (3.801 pemilih, 12 TPS, 55.30)2. New York (3.400 pemilih, 15 TPS, 47.91) 3. Houston, Texas (1.921 pemilih, 13 TPS, 48.52) 4. San Francisco, California (1.904 pemilih, 6 TPS, 56.36)5. Washington DC (1.084 pemilih, 3 TPS, 45.57) 6. Chicago, Illinois (935 pemilih, 2 TPS, 44.49).

Ganjar-Mahfud juga menang di Kanada. Berikut ini rinciannya:

1. Vancouver (2.163 pemilih, 6 TPS, 54.51)2. Toronto (1.727 pemilih, 2 TPS, 53.91)3. Ottawa (524 pemilih, 3 TPS, 45.99).

"Terima kasih Tuhan atas hasil yang menggembirakan sebagai jawaban atas kerja keras dan doa-doa kami di tengah pemilu kali ini yang dinamika. Bagi kami, ini adalah suatu perjuangan nilai untuk menetapkan pemimpin terbaik bagi Indonesia, dan di negeri yang tanpa bansos dan intimidasi aparat ini, akhirnya kami bisa memilih pemimpin untuk Indonesia yang terbaik menurut hati nurani dan akal sehat kami," ujar Lia Sundah Suntoso, ketua TPLN Ganjar-Mahfud Amerika Serikat, dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Sabtu (24/2/2024).

Hal senada disampaikan oleh Tenny Martini, ketua TPLN Ganjar Mahfud di Kanada. "Ini adalah hasil kerja keras kita semua, baik dari para relawan, rekan-rekan partai pendukung, para saksi, dan semua pihak yang bergerak untuk kemenangan Ganjar–Mahfud di Amerika Serikat dan Kanada. Meskipun aparat pernah mengintimidasi salah satu tokoh masyarakat kami di sini, kami tidak terpengaruh," ujarnya. Baca Juga: Diaspora di Amerika Serikat dan Kanada Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Adanya hasil yang memuaskan ini juga disebabkan karena warga terus mengikuti proses pemilu di Indonesia. Bahkan, sejak peristiwa kelam di Mahkamah Konstitusi (MK), mereka juga bekerja ekstra keras untuk mengawal proses Pemilu 2024 dari awal sampai akhir. Salah satu PPLN di AS, tepatnya di New York, bahkan sempat mendapat masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda yang sempat dilaporkan oleh organisasi nirlaba Migrant Care ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Teddy Muaja, mantan Ketua PDIP Amerika Serikat yang juga bertindak sebagai salah satu Koordinator Saksi PDIP dan TPLN USA menjelaskan, seluruh anggota tim menjaga seluruh proses Pemilu 2024 ini dari awal sampai akhir. "Dari persiapan saksi, menjaga suara, dari kegiatan pencoblosan awal di KSK - KSK sampai pencoblosan langsung dan penghitungan dari pantai barat sampai pantai timur, kami ikuti semua. Terlebih lagi setelah tanggal pencoblosan awal beredar hoaks bahwa ada paslon tertentu yang konon telah memenangkan pilpres ini di AS sebelum proses penghitungan terjadi,” ujarnya. Teddy juga mengajak agar semua pihak, yang di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk tetap mengawasi penghitungan suara dan tetap memantau hasil rekapitulasi suara sampai selesai, serta segera melaporkan jika menemukan dugaan kecurangan.

"Hasil penghitungan di Indonesia kali ini penuh dengan anomali. Namun saya bangga, kita di sini tetap berpegang teguh pada pemimpin yang bermoral dan beretika, hasil di sini adalah murni suara hati masyarakat Indonesia di Amerika dan Kanada," kata Teddy.

Monica Nathan, Ketua Board of Advisor TPLN USA sekaligus Ketua Dewan Pembina jaringan World for Ganjar-Mahfud dari Chicago, Illinois, yang keluarganya merupakan korban langsung peristiwa 1998 menyatakan bahwa Pemilu 2024 kali ini bukan lagi soal siapa yang menang dan kalah.

"Sejak peristiwa MK, kita sudah dapat sedikit banyak menebak akhirnya. Karena itu, hasil di Amerika Serikat dan Kanada ini adalah untuk membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih ada yang berpikir waras, masih ada yang menjunjung tinggi etika dan moral yang semakin tergerus," tegasnya. Kemenangan Ganjar-Mahfud juga disambut gembira di benua lainnya. "Rekan-tekan dari jaringan kami Eropa for Ganjar-Mahfud dan Australia for Ganjar-Mahfud juga telah mengonfirmasi kemenangan Mas Ganjar dan Prof Mahfud di beberapa negara di Eropa (Austria (45,52), Belanda (47,02), Belgia (44,79), Norwegia (41,97), Prancis (45,23), Spanyol (44,50), dan Swedia (45,17)), serta Australia (47.27)," jelas Monica.

Topik Menarik