Dijamin Ampuh, ini 5 Cara Mengatasi Malas Belajar

Dijamin Ampuh, ini 5 Cara Mengatasi Malas Belajar

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Senin, 29 April 2024 - 12:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Seringkali kita terhambat oleh rasa malas ketika belajar. Belajar merupakan hal penting untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, namun. bosan, kewalahan, atau kehilangan motivasi adalah beberapa penyebab umumnya.

Berikut adalah cara mengatasi rasa malas saat belajar yang bisa kamu terapkan:

1.Temukan Motivasi

Mulailah dengan mencari tahu apa yang bisa memotivasi kamu. Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda, seperti membahagiakan orang tua atau menciptakan karya yang dikenang. Tuliskan motivasi tersebut dan letakkan di tempat yang bisa dilihat setiap hari, seperti cermin atau layar desktop, untuk mengingatkan diri saat kurang termotivasi.

2. Hindari Distraksi

Identifikasi distraksi yang sering mengganggu belajarmu, seperti media sosial, dan buatlah batasan untuk mengatasinya. Nonaktifkan ponselmu sementara saat belajar. Jika distraksi datang dari orang lain, tegaskan batasanmu agar fokus pada belajar.

3. Dapatkan Dukungan

Ajak orang-orang terpercaya untuk mendukungmu. Beri tahu mereka tujuanmu dan minta mereka untuk mengawasimu. Mereka akan mengingatkan dan memberimu dorongan ketika kamu merasa lelah atau kehilangan semangat.

4. Beri Waktu Istirahat

Berikan otakmu istirahat sesekali agar tidak terlalu lelah. Gunakan Teknik Pomodoro untuk membagi waktu belajar menjadi interval 25 menit dengan istirahat lima menit. Setelah empat interval, beristirahatlah selama 15 menit.

5. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan tujuan yang masuk akal dan pecahlah menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan mudah dikelola. Tujuan yang realistis akan membantu menjaga konsistensi dan menghindari kelelahan serta kehilangan motivasi.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, semoga kamu dapat mengatasi rasa malas saat belajar dan meningkatkan produktivitasmu.(*)

Topik Menarik