Daftar Pemain Naturalisasi Liga 1 yang Layak Dipilih Shin Tae-yong di Piala AFF 2024

Daftar Pemain Naturalisasi Liga 1 yang Layak Dipilih Shin Tae-yong di Piala AFF 2024

Olahraga | semarang.inews.id | Kamis, 23 Mei 2024 - 11:10
share

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Berikut ini daftar pemain naturalisasi di Liga 1 yang layak untuk dipilih Shin Tae-yong untuk bermain di Piala AFF 2024 atau ASEAN Championship 2024. Tentu pemain naturalisasi Liga 1 itu tak kalah dengan para pemain naturalisasi yang berkarier di luar negeri.

Seperti diketahui, federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) telah menggelar drawing fase grup ASEAN Championship (Piala AFF) 2024, pada Selasa (21/5/2024) siang WIB.

Grup A berisi Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan satu tim antara Timor Leste ataupun Brunei Darussalam. Sedangkan Timnas Indonesia akan berada di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Melihat lawan yang akan dihadapi skuad garuda di babak fase grup, tentu ini bukan lawan yang begitu sulit. Sebab, dalam beberapa pertemuan terakhir, semua tim di Grup B selalu kalah dari Timnas Indonesia.

Sebut saja Vietnam. Dalam 3 pertemuan terakhir di Piala Asia dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pasukan Golden Star Warrior selalu takluk dari Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Namun perlu diketahui, kemenangan-kemenangan skuad garuda di beberapa pertemuan terakhir tidak lepas dari peran para pemain naturalisasi yang berkarir di Eropa. Sedangkan pada ajang ASEAN Championship atau Piala AFF 2024 ini, Indonesia kemungkinan tidak akan diperkuat mereka karena ajang ini tidak masuk dalam kalender FIFA.

Meski kita, pecinta sepakbola tanah air tidak perlu khawatir karena Indonesia juga masih memiliki pemain naturalisasi lain yang berkarir di Liga 1. Hal ini tentu akan membuat pemain-pemain lebih mudah untuk di lobi guna memperkuat skuad garuda.

Daftar pemain naturalisasi Liga 1 yang layak dipilih Shin Tae-yong di Piala AFF 2024:

1. Stefano Lilipaly

Pemain yang sangat berpotensi untuk dipanggil Shin Tae-yong adalah Stefano Lilipaly. Gelandang serang Borneo FC ini tengah tampil on fire di Liga 1 dengan torehan 11 gol dan 17 assistnya.
Secara kualitas, ia juga merupakan gelandang serang lokal terbaik Indonesia saat ini. Pemanggilan Lilipaly kembali ke skuad garuda juga tentu dapat membuat permainan skuad garuda tetap apik meski banyak ditinggal pemain andalannya.
Itulah 5 pemain naturalisasi Liga 1 yang berpotensi dipilih Shin Tae-yong di ASEAN Championship.

2. Ilija Spasojevic

Nama berikutnya yang berpotensi dipanggil Shin Tae-yong untuk menghadapi Piala AFF 2024 adalah Ilija Spasojevic. Striker andalan Bali United ini dapat menjadi pilihan Shin Tae-yong seperti yang ia lakukan di Piala AFF 2022 lalu.
Di Liga 1, Spaso juga terbilang masih subur. Di usianya yang sudah 36 tahun, pemain naturalisasi ini mampu mencetak 8 gol dalam 31 laga yang ia mainkan.

3. Ezra Walian

Berikutnya Shin Tae-yong juga bisa kembali menjajal Ezra Walian untuk pos lini serang. Pemain versatile Persib Bandung berusia 26 tahun ini dapat menjadi opsi untuk lini serang skuad garuda di ASEAN Championship 2024 nanti.
Ezra merupakan pemain jebolan klub Belanda. Ia juga merupakan bagian penting skuad Maung Bandung dalam mencapai final Championship Series Liga 1 musim ini. Untuk itu, ia layak untuk dipanggil.

4. Diego Michiels

Untuk mengisi pos pertahanan yang akan banyak kehilangan pemain andalannya, Shin Tae-yong juga bisa untuk mencoba melirik Diego Michiels. Pemain 33 tahun ini tampil sangat solid bersama Borneo FC di Liga 1 musim ini.
Dengan pengalamannya, Diego Michiels tentu dapat menggantikan peran jenderal pertahanan yang ditinggalkan Jordi Amat maupun Jay Idzes.

5. Marc Klok

Marc Klok merupakan gelandang yang sangat diandalkan Shin Tae-yong sebelumnya. Namun belakangan dirinya mulai tersisih sejak kehadiran pemain naturalisasi seperti Ivar Jenner, Thom Haye, maupun Justin Hubner yang juga kerap bermain di posisi Klok.
Melihat pemain-pemain tersebut yang tidak bisa dipanggil, mungkin ini saat yang tepat untuk Shin Tae-yong kembali memanggil Marc Klok. Secara kualitas, Klok juga masih prima dan merupakan gelandang lokal terbaik Indonesia saat ini.

Topik Menarik