Profil Francois Letexier, Wasit yang Usir Shin Tae-yong dan Beri Hadiah Penalti Kontroversial

Profil Francois Letexier, Wasit yang Usir Shin Tae-yong dan Beri Hadiah Penalti Kontroversial

Olahraga | semarang.inews.id | Jum'at, 10 Mei 2024 - 08:20
share

PARIS, iNewsSemarang.id - Nama Francois Letexier menjadi sorotan pencinta sepak bola Tanah Air terutama para warganet di media sosial.

Ini tak lepas dari beberapa keputusan kontroversial saat memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 pada laga playoff Olimpiade Paris 2024 di Stade Pierre Pibarot, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Laga Playoff Olimpiade Paris 2024 menyuguhkan banyak drama. Salah satu yang menjadi sorotan Ketika wasit asal Prancis memberikan hadiah penalti saat Alfeandra Dewangga melakukan pelanggaran kepada salah satu pemain Guinea U-23 di kotak penalti sehingga langsung menunjuk titik putih.

Padahal dari tayangan ulang diketahui bahwa tekel yang dilakukan Dewangga cukup bersih lantaran sempat mengenai bola terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pemain Guinea U-23.

Tapi wasit tetap menunjuk titik putih yang membuat situasi semakin panas. Beberapa pemain Indonesia U-23 melakukan protes keras. Namun Francois bersikeras bahwa itu merupakan pelanggaran.

Sekadar informasi, pertandingan playoff Olimpiade Paris 2024 ini tak menggunakan Video assistant referee (VAR), yang membuat wasit berlari ke pinggir lapangan untuk menilai apakah keputusannya tepat atau tidak.

Sementara di pinggir lapangan, Shin Tae-yong yang mengetahui keputusan itu langsung naik pitam. Pelatih berusia 53 tahun ini merasa kalau tekel yang dilakukan Dewangga bersih. Adu mulut pun terjadi antara dia dengan wasit Francois. Sampai-sampai wasit mengusir Shin Tae-yong setelah memberikan dua kartu kuning.

Hadiah penalti tetap diberikan pada Guinea U-23, namun penendang penalti tak mampu mengeksekusi dengan baik setelah tendangannya mampu ditepis kiper Ernando Ari. Tapi hingga peluit panjang dibunyikan skor 0-1 untuk kemenangan Guinea U-23 tak berubah. Guinea U-23 memastikan tempat Olimpiade Paris 2024.

Mereka nantinya tergabung di Grup A bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Lantas, seperti apa profil Francois Letexier? Francois adalah wasit asal Prancis.

Mengutip data dari Transfermarkt, dia telah memimpin pertandingan sebanyak 30 kali (termasuk Indonesia U-23 vs Guinea U-23).

Francois Letexier terbilang royal dalam mengeluarkan kartu. Tercatat, ada 120 kartu kuning, satu kartu kuning kedua, tiga kartu merah dan sembilan hadiah penalti.


Topik Menarik