Musim Kemarau, Pemprov Jateng Mulai Antisipasi Dampak Kekeringan

Musim Kemarau, Pemprov Jateng Mulai Antisipasi Dampak Kekeringan

Berita Utama | semarang.inews.id | Senin, 6 Mei 2024 - 16:00
share


SEMARANG, iNewsSemarang.id - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng)  mulai mengantisipasi dampak kekeringan yang berpotensi terjadi pada musim kemarau tahun 2024.

"Untuk kesiapan daerah-daerah kekurangan air, kita  sudah koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya memenuhi kebutuhan air di musim kemarau," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno usai menghadiri rapat paripurna DPRD Jateng di Gedung Berlian, Semarang, Senin (6/5).

Sebab, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa daerah di Jateng mulai memasuki musim kemarau pada Mei 2024. Oleh karena itu, baik pemerintah maupun masyarakat diminta mulai melakukan antisipasi.

Pada musim kemarau, lanjut Sumarno, berpotensi terjadi kekeringan, kekurangan air bersih, hingga berdampak terhadap pola tanam di sektor pertanian. 

 

Meskipun demikian, Sumarno mengatakan,  optimististis target produksi pangan Jateng akan tercapai. Apalagi,  Jateng dijadikan sebagai penumpu pangan nasional. 

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama, terlebih Jateng menjadi penopang pangan nasional. Sehingga semua harus benar-benar menyiapkan untuk menjaga produksi pangan kita," ujarnya.

Sumarno mengaku, mendapat masukan dari para petani kaitannya dengan masalah distribusi pupuk, waktu tanam, dan sebagainya.

"Alhamdulilah dari pusat sudah ada alokasi pupuk untuk Jateng dan sudah kita tindaklanjuti alokasinya," ujarnya. 
 

Topik Menarik