Kapolres Semarang Resmikan Nomenklatur Polsek Ungaran menjadi Polsek Ungaran Barat

Kapolres Semarang Resmikan Nomenklatur Polsek Ungaran menjadi Polsek Ungaran Barat

Terkini | semarang.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 13:50
share

UNGARAN, iNewsSemarang.id - Menyesuaikan dengan administrasi pemerintah daerah di wilayah masing-masing, Kepolisian Republik Indonesia melakukan penyesuaian Nomenklatur pada Polsek yang ada di wilayahnya. Salah satunya adalah Polsek Ungaran yang kini berganti nama menjadi Polsek Ungaran Barat.

Pada Selasa, 30 April 2024, Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra memimpin upacara peresmian Polsek Ungaran menjadi Polsek Ungaran Barat. Didampingi oleh Wakapolres Semarang Kompol Fandy Setiawan serta sejumlah pejabat utama dan Kapolsek lainnya, Kapolres memberikan perhatian khusus kepada personel Polsek Ungaran Barat.

"Kegiatan ini merupakan langkah Polri dalam menyesuaikan organisasi dan tata kelola dengan struktur pemerintahan daerah. Selanjutnya, secara bertahap akan ada perubahan nama Polsubsektor Ungaran Timur, Bancak, dan Pringapus menjadi Polsek Ungaran Timur, Polsek Bancak, dan Polsek Pringapus," jelasnya.

Perubahan nama Nomenklatur ini didasari oleh Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor ST/1000/V/OTL 1.1.2./2023 tanggal 15 Mei 2023 tentang perubahan Nomenklatur kesatuan kewilayahan Polri.

Dilanjutkan dengan surat Persetujuan Kapolri perihal perubahan Nomenklatur Polsek dan Polsubsektor di jajaran Polda, dengan Nomor B/1274/I/OTL .1./2024 tanggal 29 Januari 2024.

Selanjutnya, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah menerbitkan Keputusan Nomor : Kep/334/III/2024 tanggal 5 Maret 2024 mengenai perubahan Nomenklatur Polsek Ungaran menjadi Polsek Ungaran Barat.

"Perubahan Nomenklatur ini juga bertujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat sesuai dengan domisili mereka. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Bagian Ren Polres Semarang atas upaya mereka dalam perubahan ini," tambah AKBP Oka.

Hadir dalam peresmian Mapolsek Ungaran Barat diantaranya Danramil 14 Ungaran Kapten CZi Sujadi, Camat Ungaran Barat Aris Muji Widodo, Camat Ungaran Timur Febru Suryanto, serta tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Ungaran Barat.

Dalam amanatnya, AKBP Oka menekankan perlunya peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat oleh Polsek Ungaran Barat, terutama karena wilayahnya berperan sebagai penyangga ibu kota Kabupaten Semarang, yang memiliki dinamika tersendiri.

"Semoga dengan perubahan Nomenklatur ini, personel Polsek Ungaran Barat dapat menjadi pilar yang dapat diandalkan oleh masyarakat, sehingga terjalin kerjasama yang erat dengan instansi terkait," pungkasnya.

Topik Menarik