Komika Singgih Sahara Diduga Menipu Rp250 Juta Berkedok Open Donasi

Komika Singgih Sahara Diduga Menipu Rp250 Juta Berkedok Open Donasi

Seleb | okezone | Rabu, 20 Maret 2024 - 15:10
share

JAKARTA - Komika asal Semarang, Singgih Sahara mendadak menjadi sorotan warganet beberapa hari terakhir di platform X. Ia diduga melakukan tindak penipuan berkedok open donasi biaya pengobatan ibu dan anaknya. 

Tudingan tersebut bermula dari cuitan sang komika di X, pada 17 Maret 2024. Dalam unggahannya, dia mengungkapkan, butuh dana untuk biaya rawat jalan ibunya sekaligus terapi anaknya.

“Teman-teman, minta tolong kalau ada yang bisa bantu. Saya butuh dana Rp2 juta. Kalau ada yang bisa meminjamkan, saya ganti saat THR cair nanti,” katanya dalam cuitan tersebut. 

Singgih Sahara menambahkan, “(Dana akan digunakan) untuk keperluan rawat jalan ibu dan penunjang terapi anak saya sampai akhir bulan. Atau misal ada yang minat HP saya, saya jual Rp2 juta.”  

Cuitan yang menarik perhatian lebih dari 7,9 juta netizen itu justru menjadi awal kecurigaan dari sikap curang sang komika. Pasalnya, Singgih menginformasikan kabar itu dengan mereply cuitan lamanya tentang open donasi. 

Pada 2 Oktober 2023, Singgih Sahara juga pernah meminta donasi ke warganet lewat platform X. Kala itu, dia mengatakan, dirinya butuh biaya untuk operasi pengobatan ibu dan anaknya. 

Ibu Singgih dikabarkan mengalami gagal ginjal sedangkan anaknya mengidap speech delay (terlambat bicara), tumbuh lambat, dan terindikasi autisme. “Dana akan saya gunakan untuk biaya operasional dan penunjang pengobatan, karena anak saya sudah 3 bulan terapi namun belum ada perkembangan signifikan,” katanya. 

Singgih Sahara mengandalkan platform open donasi untuk menampung uang pemberian masyarakat. Tak hanya itu, dia pun dengan gamblang mencantumkan nomor rekening jika ada donatur yang ingin berdonasi secara langsung padanya.

Topik Menarik