Mengenal Pose 3 Jari Ganjar Pranowo yang Dikaitkan dengan Film <i>The Hunger Games</i>

Mengenal Pose 3 Jari Ganjar Pranowo yang Dikaitkan dengan Film The Hunger Games

Seleb | okezone | Selasa, 21 November 2023 - 18:04
share

JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo mencuri perhatian warganet dengan unggahan video salam tiga jari bersama para pendukungnya. Pose tersebut bahkan disebut-sebut mirip dengan film The Hunger Games .

Dalam video berdurasi 23 detik tersebut, Ganjar dan para pendukungnya terlihat berpose dengan tiga jari. Menariknya, terdengar pula suara siulan yang mirip dengan adegan dalam film The Hunger Games .

Ganjar Pranowo mengungkapkan, pose tiga jari miliknya memiliki makna mendalam yang mencerminkan tiga janji politiknya: taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat.

Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Pangeran Siahaan mengungkapkan, pose tiga jari tersebut sebenarnya terinspirasi dari gerakan demokrasi di seluruh dunia. Namun dia tak menampik ada pengaruh dari film populer tersebut.

Simbol tiga jari merupakan simbol perjuangan rakyat, sebagaimana yang terlihat dalam film The Hunger Games . Salam tiga jari juga ada dalam film itu yang berarti simbol perjuangan rakyat. Jadi sesuai kan? ujarnya.

Simbol tiga jari dalam The Hunger Games melambangkan pemberontakan terhadap pemerintahan Capitol. Gestur tangan itu juga menjadi bentuk protes politik, seperti yang terjadi dalam Olimpiade 1968.

Kala itu, Tommie Smith dan John Carlos menggunakan gesture tersebut untuk menyatakan 'Black Power'.

Topik Menarik