Sutradara Perempuan Prancis Rebut Penghargaan Palme D’or di Festival Film Cannes Ke-76

Sutradara Perempuan Prancis Rebut Penghargaan Palme D’or di Festival Film Cannes Ke-76

Seleb | BuddyKu | Minggu, 28 Mei 2023 - 23:22
share

Berita Baru, Internasional Sutradara Prancis Justine Triet dianugerahi penghargaan Palme dOr di Festival Film Cannes ke-76 untuk karyanya Anatomy of a Fall pada Sabtu (27/5) di Cannes, Prancis. Triet menjadi sutradara perempuan ketiga yang memenangkan penghargaan utama festival film ini.

Setelah film Sibyl pada 2019, Anatomy of a Fall merupakan film feature kedua Triet yang dipilih oleh festival tersebut untuk bersaing memperebutkan penghargaan Palme dOr.

Dalam film peraih penghargaan tersebut, Triet mencoba mengungkap prasangka sosial yang dihadapi banyak perempuan independen dengan menceritakan kisah seorang penulis Jerman yang berusaha membuktikan bahwa dia tidak bersalah setelah dituduh membunuh suaminya.

Dilansir dari Xinhua News, dalam sebuah konferensi pers setelah upacara penutupan, presiden juri festival tersebut, sutradara Swedia Ruben Ostlund, mengatakan bahwa Anatomy of a Fall merupakan film yang sangat intens, dan sinema seharusnya memang seperti itu.

Malam itu juga merupakan malam yang istimewa bagi para sineas Asia. Penghargaan Sutradara Terbaik (Best Director) dianugerahkan kepada sutradara Prancis-Vietnam Tran Anh Hung, sedangkan Skenario Terbaik (Best Screenplay) dianugerahkan kepada film Monster besutan sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda.

Aktor Jepang Koji Yakusho memenangkan Penghargaan Aktor Terbaik (Best Actor Award), dan aktris Turki Merve Dizdar memenangkan Penghargaan Aktris Terbaik (Best Actress Award).

Film The Zone of Interest karya sutradara Inggris Jonathan Glazer meraih penghargaan utama kedua dari festival tersebut, Grand Prix.

Penghargaan Juri (Jury Prize) dianugerahkan kepada sutradara Finlandia Aki Kaurismaki.

Festival Film Cannes ke-76 dimulai pada 16 Mei dengan 21 film terpilih untuk bersaing memperebutkan penghargaan Palme dOr.

Topik Menarik