Kemenparekraf Peringati Hari Kartini, Angela Tanoesoedibjo Bahas Kesetaraan Gender di Lingkungan Kerja

Kemenparekraf Peringati Hari Kartini, Angela Tanoesoedibjo Bahas Kesetaraan Gender di Lingkungan Kerja

Seleb | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 18:04
share

JAKARTA, iNews.id - Kesetaraan gender masih menjadi isu penting yang harus digaungnya. Terutama di lingkungan dunia kerja, hingga saat ini laki-laki masih mendominasi.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyoroti masalah kesetaraan gender saat membuka talkshow bertajuk Perempuan Berdaya Penggerak Ekonomi Bangsa, di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf, Kamis (4/4/2023).

Dalam talkshow yang untuk memperingati Hari Kartini tersebut, Angela menyebut, di dunia kerja, khususnya di ruang lingkup top manajemen, karyawan masih didominasi oleh laki-laki.

Sangat disayangkan kalau kita melihat top level, manajemen ini masih didominasi oleh laki laki, ujar Angela, saat membuka talkshow yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta, Kamis (4/4/2023).

Angela yang juga merupakan anggota Kabinet Indonesia Maju ini lantas ingin mendorong agar para perempuan di Indonesia tidak berhenti untuk berkarya dan berkiprah di dunia kerja. Bukan untuk bersaing dengan laki-laki, namun untuk menyamaratakan, gender bukan menjadi penghalang bagi seseorang untuk bisa bersinar dalam profesi.

Hal ini juga tidak lain untuk mengingatkan para perempuan di Indonesia tentang sosok Kartini yang berani dan tegas agar tidak dipandang sebelah mata apalagi ditindas di lingkungan kerja.

Nah, ini yang perlu kita lihat bersama, bagaimana kita harus memberikan kesempatan yang sama dengan cara meningkatkan kualitas dari para perempuan agar mereka bisa mempunyai peluang untuk bisa bersaing dengan laki laki sehingga mereka bisa mendapatkan posisi yang jauh lebih.

Angela melanjutkan, mendorong para perempuan agar lebih berani dalam berkiprah dan keluar dari zona nyaman bukanlah hanya tugas Kementerian semata, namun tugas sesama perempuan, bahkan laki-laki.

Salah satunya yakni dengan adanya saling mendukung tanpa harus menjatuhkan satu sama lain, serta tidak memandang sebelah mata para perempuan untuk bisa memiliki posisi yang lebih baik di dunia kerja.

Nah, saya juga ingin menyampaikan untuk kita mendukung para perempuan ini bukan hanyalah tugas dari Kementerian saja, tetapi juga kita semua, ujarnya.

Selain itu, kita juga harus mulai melihat bagaimana kita harus memperjuangkan kesetaraan dari segi lingkungan pekerjaan yang jauh lebih oke. Karena kita harus melihat tidak hanya dari sisi ekonomi saja, tapi dari sisi mental, katanya.

Topik Menarik