BMW Terpaksa Hilangkan Fitur Penting Ini, Krisis Chip Belum Berakhir

BMW Terpaksa Hilangkan Fitur Penting Ini, Krisis Chip Belum Berakhir

Seleb | celebrities.id | Rabu, 11 Mei 2022 - 20:26
share

JAKARTA, celebrities.id - Kelangkaan chip hingga kini masih terus berlangsung. Sejumlah pabrikan mobil pun terkena imbas. Salah satunya BMW yang terpaksa mengirim unit mobilnya dengan fitur terbatas.

Melansir Engadget, Rabu (11/5/2022), sementara ini BMW hanya mengirim beberapa model mobilnya tanpa dukungan Android Auto atau Apple CarPlay. Ini berlaku untuk pasar AS, Prancis, Italia, Spanyol, dan Inggris.

Seperti diketahui, fitur Android Auto dan Apple CarPlay sendiri merupakan fitur penting yang disediakan oleh perusahaan Apple dan Google, untuk memudahkan pengemudi berkendara secara aman dan nyaman tanpa terdistraksi telepon genggam.

Dengan fitur Android Auto dan Apple CarPlay ini, pengemudi dibuat tidak lagi dapat bermain handphone saat berkendara. Sehingga membuat pengalaman berkendara lebih aman dari risiko kecelakaan.

Berdasarkan pernyataan resmi BMW kepada Automotive News Europe, perusahaan telah mengubah pemasok dan chipnya itu sendiri dengan menggunakan yang tidak sepenuhnya mendukung Android Auto atau CarPlay.

Alhasil unit mobil terpaksa rilis tanpa kedua fitur tersebut, dan harus harus menerima pembaruan perangkat lunak over-the-air paling lambat akhir Juni mendatang.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya BMW mengirimkan mobil tanpa menghadirkan fitur andalanya. Di musim gugur lalu BMW juga menghilangkan fitur layar sentuh pada beberapa model.

Dan BMW juga bukan satu-satunya pembuat mobil yang mengambil keputusan serupa. Tesla misal juga mengirimkan beberapa mobil tanpa port USB, dan Ford SUV Explorer-nya musti hadir tanpa pengontrol suhu.

Topik Menarik