Niat Puasa Syawal Arab dan Latin, Perhatikan Keutamaannya

Niat Puasa Syawal Arab dan Latin, Perhatikan Keutamaannya

Seleb | celebrities.id | Senin, 9 Mei 2022 - 15:12
share

JAKARTA, celebrities.id - Niat puasa Syawal banyak dicari bagi yang ingin menjalani puasa di bulan syawal ini.

Ya, usai berpuasa sebulan penuh saat Ramadhan, umat Islam bisa melanjutkan puasa sunnah yang juga memiliki keutamaan, yakni puasa syawal.

Waktu pelaksanaan puasa Syawal sendiri adalah enam hari. Puasa ini boleh dikerjakan secara enam hari berturut-turut atau jika tidak sanggup boleh dikerjakan dengan dicicil atau selang satu hari selama masih dikerjakan di bulan Syawal.

Niat Puasa Syawal

Latin: Nawaitu shauma ghadin an adaai sunnatis Syawwaali lillaahi taaala

Artinya: Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.

Bisa juga dengan berniat puasa Syawal satu kali untuk berpuasa selama 6 hari:

Latin: Nawaitu Shauma Ghadin Ansittatin Min Syawaali Sunnatan Lillaahi Taaalaa.

Artinya: Aku niat berpuasa sunnah 6 Hari bulan Syawal karena Allah Taala.

Keutamaan Mengerjakan Puasa Syawal

1. Mendapatkan pahala selama satu tahun penuh

Allah SWT menjanjikan bagi Muslim yang mengerjakan puasa Syawal selama 6 hari setelah selesai berpuasa di bulan Ramadhan pahala berlipat. Bahkan, nilainya setara dengan puasa selama satu tahun penuh.

Seperti yang diriwayatkan dari sahabat Abu Ayyub al-Anshariy, bahwa Nabi SAW bersabda:

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan syawal, maka ia seperti berpuasa setahun penuh (HR Muslim, Kitab al-Shiyam, Bab Kesunahan puasa 6 hari syawal).

2. Sebagai peningkat iman dan takwa

Kata \'Syawal\' berasal dari bahasa Arab, kata Sawaal yang memiliki arti \'dibesarkan\'. Kata Syawal memiliki makna naik atau meninggi. Yang berarti, pada bulan Syawal ini Muslimin memiliki kedudukan dan derajat yang meninggi di sisi Allah karena telah menyelesaikan ibadah selama di bulan Ramadhan.

Mengerjakan amal ibadah seperti puasa syawal akan menjadi peningkat iman dan takwa bagi insan setiap Muslim.

3. Amalan yang langsung dibalas oleh Allah SWT

Amalan puasa baik yang wajib atau sunnah, balasannya langsung dari Allah. Allah akan langsung membalas amalan puasa umat-Nya sesuai dengan yang dikehendaki-Nya. Maka sangat disayangkan apabila tidak mengambil kesempatan berpuasa di bulan Syawal.


Artinya: Setiap amalan anak Adam itu adalah (pahala) baginya, kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan membalasnya, (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban).

4. Melanjutkan amalan yang dilakukan saat bulan Ramadhan

Ketika bulan Ramadhan umat Islam berlomba-lomba mengerjakan amal ibadah untuk meraih pahala dan malam Lailatul Qadar. Dengan puasa sunah syawal, amalan baik yang dikerjakan selama bulan Ramadhan dapat dilanjutkan di luar bulan suci tersebut. Hal ini agar tidak menjadi umat muslim yang hanya meningkatkan ibadah musiman di bulan ramadan saja.

Itulah niat dan beberapa keutamaan untuk melaksanakan puasa Syawal. Nantikan berita selengkapnya, hanya di celebrities.id.

Topik Menarik