Negara Lain Sudah Endemi Covid-19, Indonesia Tentukan Hasil Evaluasi Paska Mudik

Negara Lain Sudah Endemi Covid-19, Indonesia Tentukan Hasil Evaluasi Paska Mudik

Seleb | celebrities.id | Jum'at, 6 Mei 2022 - 11:36
share

JAKARTA, celebrities.id - Beberapa negara di dunia telah menetapkan Covid-19 sebagai endemi. Di Indonesia, skema penentuan tersebut baru akan dilakukan setelah hasil evaluasi paska mudik Lebaran.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo mengatakan bahwa pemerintah telah mempersiapkan transisi perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19.

"Untuk skema menuju endemi, pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu pasca mudik Lebaran. Kita berharap tidak akan terjadi lonjakan lagi seperti di negara lain. Pemerintah akan bersiap mengantisipasi bila terjadi lonjakan," kata Abraham dalam keterangannya yang dikutip celebrities.id, Jumat (6/5/2022).

Abraham mengakui, selama tujuh minggu terakhir, yakni sejak 24 Maret hingga 4 Mei 2022, ppenyebaran Covid-19 sudah terkendali. Hal itu, ditunjukkan dari data Reproduction Rate (Rt) yang konsisten di angka satu. Selain itu, jumlah kasus Covid-19 per hari juga terus melandai.

"Per 3 Mei 2022, 107 kasus per hari, angka kematian 18 per hari, dan angka kasus aktif tinggal 6.951," ujar Abraham.

Untuk itu, Abraham mengajak masyarakat untuk mengapresiasi kerja semua pihak khususnya para tenaga kesehatan (nakes), TNI/Polri, dan satuan tugas (satgas) Covid-19.

"Suatu hal yang patut kita syukuri dan apresiasi kepada nakes, TNI/Polri, dan satgas yang terus mengingatkan protokol kesehatan," ucap Abraham.

Selain itu, Abraham kembali menegaskan, pemerintah tidak terburu-buru menurunkan status pandemi menjadi endemi. Meski pun beberapa indikator menunjukkan perbaikan.

Topik Menarik