Beras, Gula, dan Cabai Jadi Penyumbang Inflasi, BPS: Perlu Perhatian Lebih

Beras, Gula, dan Cabai Jadi Penyumbang Inflasi, BPS: Perlu Perhatian Lebih

Populer | BuddyKu | Senin, 16 Oktober 2023 - 12:46
share

IDXChannel - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut ada tiga komoditas yang menjadi penyumbang inflasi nasional pada Oktober 2023, yaitu cabai gula pasir, dan beras. Komoditas tersebut diharapkan bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah terutama Kementerian Pertanian (Kementan).

"Mungkin untuk minggu ini ada informasi bahwa ada 3 komoditas yang jadi perhatian yakni gula pasir, beras , dan cabai rawit," ujar Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti, dalam acara Gerakan Pangan Murah Serentak di Kementan, Senin (16/10/2023).

Lebih lanjut, Amalia menjelaskan terkait Indeks Perkembangan Harga (IPH) untuk gula pasir hingga minggu kedua pada Oktober mengalami kenaikan di 338 kabupeten/kota. Beras ada 284 kabupeten/kota yang mengalami kenaikan.

Kemudian cabai rawit juga mengalami kenaikan harga di 259 kabupeten/kota. "Harga beras mengalami peningkatan terus, rata-rata harga beras antar wilayah juga mengalami disparitas harga yang paling tinggi, paling tinggi ada di Papua," sambungnya.

Amalia menambahkan, pada bulan Oktober ini setidaknya ada 10 Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH tertinggi. Pertama ada Gorontalo yang mengalami kenaikan sebesar 6,1%, Sulawesi Utara 5,32%, Bitung 5,05%, Mamasa 4,45%, dan Lombok Timur 4,4%.

"Untuk indeks perkembangan harga di minggu kedua oktober kami menyampaikan bahwa beberapa provinsi yang mengalami indeks kenaikan IPH tertinggi," ujarnya.

(FRI)