Gegara Charger Senter, Rumah di Imogiri Hangus Terbakar

Gegara Charger Senter, Rumah di Imogiri Hangus Terbakar

Populer | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 10:12
share

RADAR JOGJA Sebuah rumah di Padukuhan Karangrejek, Karangtengah, Imogiri, Bantul hangus terbakar Minggu (28/5) malam. Akibatnya pemilik rumah merugi hingga puluhan juta rupiah. Penyebab kebakaran diduga karena korsleting dari charger senter listrik.

Kepala Seksi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi di rumah milik Sogiman, 50. Adapun kronologinya bermula ketika salah satu pemilik rumah bernama Riwayanto meninggalkan senter dengan kondisi di-charge pada pukul 22.00 di atas kasur.

Tak berselang lama, penghuni lain yang merupakan ibu Riwayanto tiba-tiba mendengar suara dan mencium bau kabel terbakar dari kamar anaknya. Dia pun berinisiatif untuk menyusul Riwayanto untuk menanyakan sumber suara dan bau tersebut. Namun ketika sudah kembali rumah sudah dalam kondisi terbakar.

Setelah itu pemilik rumah kemudian meminta pertolongan kepada warga melalui grup WhatsApp, ujar Jeffry dalam keterangannya kemarin (29/5).
Setelah meminta pertolongan, warga pun berupaya melakukan pemadaman. Tak berselang lama, empat unit mobil pemadam kebakaran pun datang. Sehingga dalam waktu sekitar satu setengah jam api di rumah milik Sogiman berhasil dipadamkan.

Jeffry menyebut, dari hasil penyelidikan sementara, penyebab kecelakaan diduga karena korsleting listrik dari pengisi daya senter. Selain itu kamar pemilik rumah juga terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Sehingga membuat api cepat membesar dan menghanguskan isi rumah.

Akibat kejadian ini kerugian materil ditaksir mencapai Rp 50 juta, karena api membakar seluruh bangunan rumah beserta isinya, pungkas Jeffry. (inu/eno)