Berasal dari Bali, Begini Asal-usul Sambal Matah

Berasal dari Bali, Begini Asal-usul Sambal Matah

Populer | BuddyKu | Kamis, 11 Mei 2023 - 05:25
share

SAMBAL matah salah satu kuliner khas Bali. Matah artinya mentah. Ya, sambal ini bahan-bahannya mentah tanpa digerus atau diulek. Cita rasa yang dihasilkan dari sambal matah sungguh unik, perpaduan dari beragam campuran bahan yang masih segar.

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal matah pun sederhana; bawang merah, cabai merah, cabai rawit, serai, jeruk limau, terasi, garam, dan minyak.

Bahan-bahan tersebut hanya tinggal dirajang, kemudian ditambah terasi, lalu siram dengan minyak. Proses pembuatan sambal matah yang asli tidak perlu dimasak atau dipanaskan.

Sambal matah asli khas Bali tidak menggunakan bahan dengan suhu tinggi termasuk minyak. Hanya terdapat satu pengecualian bahan matang yang digunakan dalam membuat sambal matah, yaitu terasi.

Sambal matah dapat digunakan sebagai bumbu makanan hingga pelengkap makanan. Sambal ini mempunyai rasa yang pedas yang digemari oleh masyarakat Bali.

Dahulu, sambal matah sering disajikan sebagai lauk makan ikan asin. Biasanya sambal matah digunakan tidak lebih dari sehari. Hal ini karena apabila lebih dari sehari, bahan-bahan sambal matah mengeluarkan bau yang kurang sedap, serta sambal pun tidak dapat dipanaskan.

Saat ini, sambal matah tidak hanya diolah serta dikonsumsi oleh masyarakat Bali saja, namun sambal ini telah banyak dikenal di daerah lainnya di Indonesia.

Ilustrasi

Tak menjadi menu rumah makan atau restoran yang menyajikan masakan tradisional Bali, sambal matah sudah menjadi varian rasa untuk produk mi instan dan keripik.