Viral di Medsos Aksi Beli Takjil Petugas Gerbang Tol, Pedagang: Gunakan Katrol karena Sulit Cari Takjilnya

Viral di Medsos Aksi Beli Takjil Petugas Gerbang Tol, Pedagang: Gunakan Katrol karena Sulit Cari Takjilnya

Populer | celebrities.id | Sabtu, 16 April 2022 - 19:01
share

JAKARTA, celebrities.id - Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang petugas Gerbang Tol Pisangan, Jatinegara, Jakarta Timur, membeli takjil dari atas fly over Tol Wiyoto Wiyono.

Menariknya, dalam video berdurasi 19 detik tersebut, sang petugas membeli takjil dengan menggunakan tali tambang yang dibentangkan layaknya katrol dari fly over menuju pedagang takjil di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara.

Melalui tali tambang yang dibentangkan tersebut, terdapat kantung tas belanja yang digantungkan guna dijadikan transportasi uang beserta barang dagangan. Kantung tas belanja itu nantinya akan ditarik dari atas tol Wiyoto Wiyono dengan berisikan barang atau makanan yang dipesan untuk selanjutnya diterima petugas tol.

Salah satu pedagang yang berjualan es kelapa, Saputra menyampaikan dagangan takjilnya kerap dibeli petugas Gerbang Tol Pisangan dengan istilah \'mancing\'. Saputra menambahkan, cara tersebut dilakukan dengan mengirimkan pesan aplikasi singkat dan baru dilakukan saat awal Ramadhan 1443 Hijriah kali ini.

"Waktu itu pas mereka (petugas tol) mau berangkat kerja mereka mampir minta nomor handphone saya," kata Saputra menuturkan kepada wartawan, Sabtu (16/4/2022).

Selepas bertukar nomor telepon, petugas Gerbang Tol Pisangan dan Saputra bersepakat untuk melakukan pemesanan takjil via metode pembelian dengan kode \'Mancing Mas\'. Kode \'Mancing Mas\' ini diisyaratkan karena metode alur jual beli antara penyerahan uang dan barang dagangan dipancing dari atas tol fly over Wiyoto Wiyono.

"Cara \'pancing\' untuk membeli takjil ini dilakukan mereka (petugas Gerbang Tol Pisangan) soalnya di area Tol Wiyoto Wiyono itu sulit ada pedagang yang melintas. Jadinya mereka ikut kesulitan membeli takjil," kata Saputra.

Selain mengatur jual beli dagangan es kelapanya, Saputra juga turut membantu apabila petugas gerbang tol menginginkan takjil yang lain seperti gorengan. Semuanya pun dipesan terlebih dahulu dengan mengirimkan informasi via pesang singkat \'WhatsApp\'.

"Bapak-bapak penjaga pintu tol beli untuk buka puasa. Pesan es kelapa, dan mereka juga minta tolong saya belikan gorengan. Sekitar 15 menit menjelang buka mereka WA dengan kata mancing mas," ujar Saputra.

Saputra takjub karena tidak mengira metode pembelian \'Pancing Mas" tersebut menjadi viral dan menuai komentar warganet di media sosial. Padahal menurut Saputra, cara tersebut digunakan karena menimbang kesulitan situasi yang dialami petugas tol semata.

"Mungkin mereka bingung juga karena di atas jalan tol mau buka pakai apa. Akses turun enggak ada. Saya sendiri bingung mereka naik ke atas bagaimana. Apa ada antar jemput atau gimana," kata Saputra.