Viral! Aksi Pawang Hujan di Mandalika Curi Perhatian, Netizen: Kearifan Lokal

Viral! Aksi Pawang Hujan di Mandalika Curi Perhatian, Netizen: Kearifan Lokal

Populer | celebrities.id | Minggu, 20 Maret 2022 - 18:59
share

JAKARTA, celebrities.id - Aksi pawang hujan di sirkuit MotoGP Indonesia 2022 mencuri perhatian netizen.

Seorang perempuan bernama Rara Istiani Wulandari tersebut berjalan ke arena sirkuit dan mencoba meredakan hujan lebat menjelang perhelatan MotoGP Indonesia 2022.

Aksi pawang hujan ini pun menuai komentar netizen dan turut disoroti Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. Melalui akun Instagramnya, Angela membagikan aksi sang pawang hujan di sirkuit Mandalika.

Rain shaman alias pawang hujan, tulis Angela Tanoesoedibjo seperti dikutip dari keterangan video di Instagram miliknya, Minggu (20/3/2022).

Postingan Instagram itu pun menuai ratusan komentar warganet dengan beragam reaksi. Sebagian mengatakan, itu adalah kearifan lokal dari Indonesia yang berhasil dipertontonkan di mata dunia.

Satu-satunya di dunia. Pawang Indonesia go international, tulis netizen di kolom komentar.

Kearifan lokal, tulis yang lain.

Selain MotoGP ada pertunjukkan unik lainnya, tulis netizen.

Seperti diketahui, pawang hujan merupakan sebutan untuk orang yang dipercaya dapat mengendalikan hujan atau cuaca. Pawang hujan diketahui mengendalikan cuaca dengan cara memindahkan awan.

Pawang hujan bukanlah hal baru di dan dapat dikatakan sebagai tradisi yang sudah lama ada di Indonesia. Biasanya, jasa para pawang hujan ini dipakai untuk acara-acara besar seperti perkawinan, konser musik dan masih banyak lagi.