Viral Warga Madura Bikin Pesawat Garuda, Dipanggil Menteri BUMN Erick Thohir

Viral Warga Madura Bikin Pesawat Garuda, Dipanggil Menteri BUMN Erick Thohir

Populer | celebrities.id | Rabu, 16 Februari 2022 - 11:54
share

JAKARTA, celebrities.id - Viralnya warga Madura yakni Gus Muhaini yang berhasil membuat pesawat Garuda dengan remote control membuat Menteri BUMN Erick Thohir memanggil dirinya untuk bertemu. Pertemuan keduanya pun difasilitasi TNI Angkatan Udara.

TNI AU memfasilitasi pertemuan Menteri BUMN Erick Thohir dengan Gus Muhaini, warga desa Tambah, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Pertemuan berlangsung di hanggar Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Gus Muhaidi merupakan pembuat pesawat Remote Control (RC) Garuda yang namanya viral di media sosial. Sebab, dirinya mampu mendesain pesawat RC Garuda secara otodidak dengan skala yang persis sama dengan pesawat Garuda asli.

Bahkan, Gus Muhaidi membuatnya dengan bahan-bahan yang sederhana seperti steroform. Pesawat buatannya mampu terbang dalam waktu yang relatif lama.

Erick Thohir menjelaskan apa yang dilakukan oleh Gus Muhaidi merupakan bukti dari suatu pekerjaan yang bilamana dilakukan dengan hati mampu menghasilkan karya yang luar biasa.

"Hari ini kita belajar dari Gus, berawal dari hobi dan kecintaaannya terhadap pesawat udara, Gus Muhaidi berhasil membuat miniatur pesawat yang bisa diterbangkan," ujar Erick Thohir, Rabu (16/2/2022).

Erick Thohir juga menyampaikan komitmen pemerintah yang selalu hadir dalam membantu dan memfasilitasi masyarakat yang mempunyai ide-ide kreatif, seperti yang dilakukan oleh Gus Muhaidi. Apresiasi yang sama juga disampaikan Danlanud Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto.

Menurut dia, apa yang dilakukan oleh Gus Muhaidi memang perlu mendapatkan bimbingan. Sehingga bisa dikembangkan di masa mendatang.

"Kami sangat mengapresiasi, dengan belajar otodidak dari youtube, komunitas pak Gus Muhaidi bisa merancang pesawat mirip pesawat aslinya dengan alat aeromodeling yang ada dan mengerti bagaimana pesawat ini bisa terbang dengan mulus, dan tentunya beliau membutuhkan bimbingan dari kita semua" ujar Bambang.