Dapat Dukungan Masyarakat Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi Masuk Bursa Calon Gubernur

Dapat Dukungan Masyarakat Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi Masuk Bursa Calon Gubernur

Terkini | pemalang.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 20:00
share

SEMARANG, iNewsPemalang.id - Sosok Irjen Pol Ahmad Luthfi, sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah (Jateng). Selama empat tahun menjabat sebagai Kapolda Jateng, dia dinilai mampu menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah. Hal itu tercipta berkat dukungan, kepercayaan dan kedekatannya dengan masyarakat.

Sejak menjabat Kapolda Jateng pada 1 Mei 2020 lalu, beberapa program unggulan telah digaungkan untuk meningkatkan intensitas kehadiran polisi di tengah masyarakat. Di antara program tersebut yakni, Polda Jateng Hadir, Anjangsana dan Jumat Curhat.

Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut, selama dirinya menjabat Kapolda Jateng, kehadirannya di tengah masyarakat telah menumbuhkan atmosfer positif. Selain itu, juga telah terbangun kedekatan dan keterbukaan dengan masyarakat Jateng.

Jangan antikritik, untuk membangun kedekatan dan kepercayaan masyarakat, serta tanggapi dan respon cepat setiap keluhan dan laporan masyarakat di lapangan, ujarnya, Sabtu (20/4/2024).


Sosok Irjen Pol Ahmad Luthfi, sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah (Jateng). (Istimewa)

Menurutnya, dengan sikap seperti itu kehadirannya di tengah masyarakat dapat benar-benar dirasakan manfaatnya.

Jangan ada istilah no viral no justice. Setiap informasi dan keluhan dari masyarakat harus ditampung dan diselesaikan dengan solusi terbaik, demi terwujudnya keamanan dan kondusifitas Jawa Tengah, imbuhnya.

Tak heran, jika kedekatan dan kepercayaan masyarakat yang dibangun oleh sosok perwira tinggi Polri lulusan Sepa Milsuk Polri tahun 1989 ini turut menjadi kunci keberhasilan Polda Jateng dalam pengungkapan kasus-kasus menonjol.

Salah satunya, dalam penanganan TPPO di Jawa Tengah yang dinilai terbaik di Indonesia, hingga mendapatkan apresiasi dan penghargaan Presisi Award 2023 dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

Penghargaan dari Lemkapi diterima langsung oleh Irjen Pol Ahmad Luthfi, dari Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan di Mapolda Jateng, pada Selasa (18/7/2023).

Hingga menjelang purna tugas, tanggal 22 November 2024 mendatang, kinerja Irjen Pol Ahmad Luthfi masih terus mendapatkan apresiasi masyarakat, khususnya di Jawa Tengah.

Bahkan, Irjen Pol Ahmad Luthfi mendapat penghargaan sebagai tokoh inspiratif Jawa Tengah, pada saat malam penganugrahan dan peluncuran buku '40 Tokoh Inspiratif Jawa Tengah 2023', di gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jateng, Jl Pahlawan Semarang, 13 Januari 2024 lalu.

Mengalirnya apresiasi dari masyarakat Jawa Tengah, juga turut mengangkat nama Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam bursa calon gubernur pada pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024 mendatang.

Irjen Pol Ahmad Luthfi masuk tiga besar dalam survei yang digelar Pollingkita, bersaing dengan sejumlah politikus Jawa Tengah dan nasional, yakni ketua DPW Partai Gerindra Jateng, Sudaryono dan Hendrar Prihadi mantan Wali Kota Semarang.

Kendati demikian, Luthfi mengatakan, sampai saat ini ia masih fokus dalam memberikan pelayanan kepolisian, serta menjaga Kamtibmas dengan leluasa dan tanpa jarak dengan masyarakat.

Dengan kedekatan dan terbukanya komunikasi ini, akan berdampak pada respon cepat pada setiap penanganan kasus, serta penyelesaian permasalahan sosial masyarakat, ujarnya.

Sebagai Informasi, sebelum menjabat sebagai Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi pernah menjabat sebagai Kapolres Batang, Wadir Intelkam Polda Jateng tahun 2010, Wakapolresta Surakarta tahun 2011. Kapolresta Surakarta 2015, Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri tahun 2017, dan Wakapolda Jawa Tengah tahun 2018.

Topik Menarik