9 Jalan Masuk Kota Mekah Yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal

9 Jalan Masuk Kota Mekah Yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal

Berita Utama | pantura.inews.id | Selasa, 7 Mei 2024 - 14:10
share

JAKARTA, iNewsPantura.id - Sebelum kiamat tiba, makhluk yang disebut Dajjal akan singgah di muka Bumi dan akan terus melanglang buana hingga tidak tersisa satu negara pun yang dijelajahinya dengan kuda dan kakinya, kecuali Makkah dan Madinah.

Dalam hadits Fathimah bin Qois radhiyallahu 'anha disebutkan bahwa Dajjal mengatakan:

فَأَخْرُجَ فَأَسِيرَ فِى الأَرْضِ فَلاَ أَدَعَ قَرْيَةً إِلاَّ هَبَطْتُهَا فِى أَرْبَعِينَ لَيْلَةً غَيْرَ مَكَّةَ وَطَيْبَةَ فَهُمَا مُحَرَّمَتَانِ عَلَىَّ كِلْتَاهُمَا كُلَّمَا أَرَدْتُ أَنْ أَدْخُلَ وَاحِدَةً أَوْ وَاحِدًا مِنْهُمَا اسْتَقْبَلَنِى مَلَكٌ بِيَدِهِ السَّيْفُ صَلْتًا يَصُدُّنِى عَنْهَا وَإِنَّ عَلَى كُلِّ نَقْبٍ مِنْهَا مَلاَئِكَةً يَحْرُسُونَهَا

"Aku akan keluar dan menelusuri muka bumi. Tidaklah aku membiarkan suatu daerah kecuali pasti aku singgahi dalam masa 40 malam selain Makkah dan Thoybah (Madinah Nabawiyyah). Kedua kota tersebut diharamkan bagiku. Tatkala aku ingin memasuki salah satu dari dua kota tersebut, malaikat menemuiku dan menghadangku dengan pedangnya yang mengilap. Dan di setiap jalan bukit ada malaikat yang menjaganya." (HR Muslim nomor 2942)

Berikut daftar jalan masuk Kota Makkah hingga permukiman di sekitar Masjidil Haram, sebagaimana dikutip dari Okezone.com: 

1. First Ring Road: Letaknya sangat dekat atau bahkan mengelilingi Al Haram yang hampir seluruh wilayahnya bagian dari Masjidil Haram.

2. 2nd Ring Road: Letaknya dekat dengan area Ajyad yang terhubung secara langsung dengan Masjidil Haram melalui Jembatan Ajyad.

3. Al Hejrah: Jalan ini lokasinya dekat dengan Al Misfalah yang berada di samping selatan Masjidil Haram.

 

4. Abdullah ibn Az-Zubair: Jalan ini dekat dengan lokasi Al Qararah wann Naqa di sebelah utara Masjidil Haram.

5. Al Handawiyyah: Jalan ini berada di sebelah timur Masjidil Haram.

6. Omar Ibn Abd Al Aziz: Jalan ini berdekatan dengan Al Hujun atau daerah yang berada di sebelah utara Masjidil Haram.

7. Al Mansur: Sebuah kawasan yang berada di sebelah barat Masjidil Haram. Sebagaimana namanya, area ini terletak di Jalan Al Mansyur. 

8. Ibrahim Al Khalil: Jalan ini berdampingan dengan area Ash-Shubaikah yang berada di sebelah barat daya Masjidil Haram.

9. At-Tandabawi: Wilayah ini berada di sebelah barat Masjidil Haram. Terletak di tengah Perumahan Ash-Shubaikah dan Al Mansur. 

 

Dajjal juga tidak akan memasuki empat masjid. Dalam hadits disebutkan tentang Dajjal:

لاَ يَأْتِى أَرْبَعَةَ مَسَاجِدَ الْكَعْبَةَ وَمَسْجِدَ الرَّسُولِ والْمَسْجِدَ الأَقْصَى وَالطُّورَ

"Dajjal tidak akan memasuki empat masjid: Masjid Ka'bah (Masjidil Haram), Masjid Rasul (Masjid Nabawi), Masjid Al Aqsho', dan Masjid Ath-Thur." (HR Ahmad 5: 364. Kata Syekh Syu'aib Al Arnauth, sanad hadits ini shahih)

Artikel di atas sudah terbit di Okezone.com dengan judul "Daftar Jalan Masuk Kota Makkah yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal", selengkapnya di https://muslim.okezone.com/read/2024/05/03/615/3003980/daftar-jalan-masuk-kota-makkah-yang-tidak-bisa-dimasuki-dajjal 

Topik Menarik