Akui Guinea U-23 Tim Bagus, Shin Tae-yong Tetap Bertekad Bawa Timnas U-23 ke Olimpiade Paris 2024

Akui Guinea U-23 Tim Bagus, Shin Tae-yong Tetap Bertekad Bawa Timnas U-23 ke Olimpiade Paris 2024

Olahraga | palembang.inews.id | Kamis, 9 Mei 2024 - 13:21
share

CLAIREFONTAINE, iNewspalembang.id – Tidak ada kata lain, Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 harus menang menghadapi Guinea U-23 pada play-off Olimpiade Paris 2024, di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam ini.

Bahkan, Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong menegaskan, bertekad meraih kemenangan demi mendapat tiket Olimpiade Paris 2024. Hanya saja, sang nakhoda harus lebih jeli memasang pemain, karena ada pilar kunci yang tak bisa dimainkan.

Kapten Rizky Ridho dipastikan absen karena kartu merah pada pertandingan semifinal Piala Asia U-23 melawan Uzbekistan, sedangkan Justin Hubner tidak dilepas klubnya, Cerezo Osaka. Selain itu Elkan Baggott juga tidak dilepas oleh klubnya Ipswich Town. 

“Sebelum lawan Guinea, jujur skuad kita kurang baik. Dengan materi yang ada sekarang ini kita harus bekerja keras sampai akhir, agar bisa mendapat hasil yang baik,” ujar dia.

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu mengaku sedih mendengar Justin Hubner tak dilepas Cerezo Osaka. Padahal, ini pertandingan terakhir jadi sebenarnya memang sangat sedih dan sangat disayangkan.

“Tim Indonesia ini memang tidak sering mendapatkan kesempatan untuk lolos Olimpiade. Apalagi ini kesempatan terakhir untuk lolos Olimpiade tapi saya merasa kesulitan, sangat disayangkan,” kata dia. 

Walau tanpa tiga pemain kunci tersebut, Shin Tae-yong, mendapat satu asupan pemain belakang, setelah Alfeandra Dewangga, bergabung sejak Selasa (7/5/2024) lalu. Bek PSIS Semarang itu sudah menjalani latihan bersama skuad Garuda Muda. 

Terkait kekuatan lawan, Shin Tae-yong mengungkapkan, sudah menganalisa kekuatan Guinea melalui rekaman-rekaman video dan memang tim Afrika Barat itu memiliki kekuatan yang bagus.

“Saya analisa terus lewat video pertandingan Guinea seperti apa. Tim yang sangat baik dan sangat kuat, pemain-pemain Guinea banyak bermain di Eropa juga. Tidak bisa dikatakan ini tim lemah. Ini hal yang cukup dikhawatirkan,” ungkap dia.

Tak lupa, Shin Tae-yong meminta seluruh fans di Tanah Air untuk tetap memberi dukungan kepada pemain. Hal ini terkait Bintang muda Timnas U023, Marselino Ferdinan yang sempat mendapat kritik seusai pertandingan Piala Asia U-23 melawan Irak.

“Seharusnya saya memberi saran kepada Marselino sebelumnya, tapi saya kemarin tidak bisa kasih saran, jadi ini juga kesalahan saya. Maka saya mohon maaf kepada penggemar sepak bola Indonesia. Seharusnya Marselino tidak begitu kepada masyarakat Indonesia,” tandas dia.

 

 

 

Topik Menarik