Jajal Fitur Mobil Listrik Cloud EV, Intip Desain Kabinnya

Jajal Fitur Mobil Listrik Cloud EV, Intip Desain Kabinnya

Otomotif | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 07:05
share

JAKARTA, iNews.id - Wuling Motors baru saja melepas ke pasaran mobil listrik terbarunya, Cloud EV dalam pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Seperti apa fitur pada mobil listrik seharga Rp410 juta ini?

Secara dimensi, Cloud EV memiliki bodi lebih besar dari dua mobil listrik Wuling lainnya yang telah mengaspal, yaitu Air ev dan Binguo EV. Di mana kendaraan listrik (EV) ini bermain di segmen medium hatchback.

Di sela pameran PEVS 2024, jurnalis berkesempatan melihat lebih dekat dan menjajal sekilas mobil listrik ini di kawasan Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/5/2024) sore.

"Dalam Cloud EV Dynamic Impression ini, kami memberikan lebih dari sekadar pengalaman berkendara kepada rekan-rekan media. Kami juga memberikan kesempatan bagi media untuk merasakan langsung fitur-fitur yang dimiliki Cloud EV, seperti layar 15.6 inci Intelligent Head Unit yang berfungsi sebagai pusat pengaturan kendaraan, ADAS sampai dengan teknologi lainnya,” ujar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko.

Masuk ke dalam kabin, mobil terasa lapang dengan warna interior black pearl yang membut terlihat simpel dan modern. Dasbor, sandaran tangan pada door trim, hingga konsol tengah dilapisi bahan kulit.

Uniknya, kursi Cloud EV dapat direbahkan maksimal dan jok belakang bisa diatur dengan sudut maksimal 135 derajat sehingga keseluruhan kursi menyerupai sofa panjang. Desain jok pun dirancang menyerupai jahitan sofa, Italian Bubble Sofa Style sehingga penumpang dan sopir merasa seperti berada di dalam rumah.

Mobil ini, memiliki banyak kompartemen tempat penyimpanan barang di bagian depan dan dua cup holder di sisi pengemudi dan sebelahnya.

Duduk di balik kemudi, dasbor Cloud EV, kursi dapat diatur secara elektrik sesuai dengan poatur tubuh dan kenyamanan pengendara. Sementara tuas transmisi berada di lingkar kemudi sebelah kiri (R, N dan D), termasuk dalam pengaktifan fitur seperti Adaptive Cruise Control (ACC).

Pengemudi dapat mengakses berbagai informasi dan mengontrol fungsi kendaraan dengan mudah melalui Head Unit, di antaranya mencakup pengaturan lampu, Advanced Driver Assistance System (ADAS), jendela dan pintu sampai pengaturan fungsi berkendara. Menariknya, pengaturan fungsi juga dapat dilakukan dengan fitur perintah suara Wuling Indonesian Command (WIND).

Saat berkendara, pengemudi dapat memilih empat mode berkendara, yakni normal, eco, eco plus dan sport. Ditenagai baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) rakitan lokal 50,6 kWh, Cloud EV memiliki daya 100 kW atau setara 134 Hp dengan torsi maksimal 200 Nm yang bisa membuatnya beraselerasi hingga 150 kilometer per jam.

Di atas kertas, Cloud EV mampu menempuh jarak hingga 460 km hingga 505 km. Adapun kecepatan maksimal Cloud EV bisa tembus 150 kilometer per jam. 

Duduk dikemudi suspensi teras empuk dan untuk penumpang bagian belakang juga lega dengan posisi jok sedikit lebih tinggi sehingga pandangan lebih luas. Untuk kapasitas bagasi Cloud EV mencapai 1.707 liter dapat dipeluas dengan melipat kedua bangku baris belakang.

Topik Menarik