Integrasikan Mobil Kecil, Toyota-Daihatsu Umumkan Nama Baru Toyota Motor Asia

Integrasikan Mobil Kecil, Toyota-Daihatsu Umumkan Nama Baru Toyota Motor Asia

Otomotif | inews | Rabu, 10 April 2024 - 05:10
share

JAKARTA, iNews.id - Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Corporation (DMC) mengumumkan penggabungan Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) berbasis di Singapura dan Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM) di Thailand, dalam satu perusahaan bernama Toyota Motor Asia. Langkah ini sebagai upaya mereka mengintegrasikan solusi dan menghadirkan Mobility for All untuk pasar mobil kecil di Asia.

Dilansir dari Toyota Newsroom, Toyota Motor Asia lebih dari sekadar perubahan nama, tapi merupakan janji untuk menghadirkan produk serta layanan inovatif dan praktis secara terintegrasi untuk kebutuhan mobilitas unik pelanggan. Meskipun badan hukumnya tetap independen, perubahan nama ini melambangkan tujuan perusahaan memberikan solusi teknis dan komersial yang terintegrasi di pasar Asia, dengan visi memberikan Mobility for All dan netralitas karbon.

CEO operasi Toyota Asia dari TMC, Masahiko Maeda mengungkapkan harapan besar atas sinergi ini. "Penamaan Toyota Motor Asia merupakan bukti niat kami untuk mengintegrasikan produk dan layanan berkualitas tinggi yang melayani kebutuhan mobilitas nyata seluruh pelanggan kami di Asia, dan bahkan negara-negara berkembang lainnya. Bersama dengan grup perusahaan dan mitra kami, kami akan terus mendorong batas-batas Konsep Mobilitas Toyota, namun tetap berpijak pada realitas pasar dan kebutuhan pelanggan kami," ujarnya.

Dia mengungkapkan, Toyota Motor Asia berkomitmen mencapai tujuan tersebut melalui Toyota Mobility Concept yang menggabungkan tiga konsep, yaitu Mobility 1.0 untuk memperluas nilai mobil, Mobility 2.0 memperluas akses mobilitas ke ranah baru dan Mobility 3.0 mengintegrasikan mobilitas dengan Traffic Management atau menggunakan energi terbarukan.

Toyota Motor Asia mencakup 16 pasar, yaitu Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Timor-Leste, Vietnam. Kantor pusat regional juga mendukung pengembangan dan persiapan produksi di pasar lain, termasuk Argentina, Brasil, Afrika Selatan, dan seluruh negara-negara Selatan.

Ketika organisasi ini bertransformasi menjadi perusahaan mobilitas, Toyota Motor Asia juga akan bertransformasi terus mengawal operasional Lexus di Asia, serta membangun sinergi antara Toyota dan Daihatsu.

"Perubahan ini penyelarasan yang lebih baik antara penelitian dan pengembangan, manufaktur, penjualan dan layanan, yang dilambangkan dengan nama Toyota Motor Asia. Ini merupakan langkah signifikan menuju peningkatan fokus pelanggan kami di dunia yang berubah dengan cepat," ujar DCEO operasi Toyota Asia dari TMC, Hao Quoc Tien.

Topik Menarik