Cara Mengatasi 5 Masalah pada Mobil yang Kerap Terjadi di Musim Hujan

Cara Mengatasi 5 Masalah pada Mobil yang Kerap Terjadi di Musim Hujan

Otomotif | serpong.inews.id | Sabtu, 6 April 2024 - 06:00
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Musim hujan adalah ancaman tersendiri bagi pengemudi, terkait dengan risiko kecelakaan akibat udara lembap dan jalan licin.

"Berkendara di musim hujan memerlukan tidak hanya kemampuan mengemudi yang baik, tetapi juga kondisi kendaraan yang prima. Untuk menghindari kecelakaan, penting untuk mengenali masalah umum yang sering terjadi di musim hujan," ujar National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono.

Berikut adalah lima masalah umum yang sering terjadi di musim hujan dan cara mengatasinya:

1. Wiper Mobil tidak Berfungsi

Beberapa faktor seperti karet yang aus, sistem engkol yang kotor, atau kabel penggerak yang sudah usang dapat membuat wiper mobil tidak berfungsi dengan baik.

Untuk menghindari masalah ini, lakukan pemeriksaan rutin pada wiper sebelum musim hujan, ganti sekring wiper jika perlu, gunakan air wiper berkualitas, dan ganti karet wiper secara teratur.

2. Aki Mobil Mati

Suhu yang rendah dan kelembapan tinggi dapat membuat aki bekerja lebih berat, terutama saat menghidupkan mesin.

Periksa aki sebelum berkendara, terutama jika akan melakukan perjalanan jauh, dan pertimbangkan untuk mengganti aki yang sudah tua atau telah menempuh jarak yang cukup.

3. Kaca Mobil Berembun

Cuaca dingin dan hujan dapat menyebabkan embun terbentuk di kaca mobil. Lakukan servis AC secara rutin untuk mencegah embun, dan manfaatkan fitur resirkulasi udara pada mobil untuk menjaga visibilitas.

4. Rem tidak Pakem

Jalan basah dapat membuat sistem pengereman kurang responsif. Perawatan rutin dan penggantian minyak rem secara berkala diperlukan untuk menjaga kinerja rem mobil.

Selain itu, pastikan ban tidak aus karena ban aus dapat mengurangi traksi dan memperbesar risiko aquaplaning.

5. Risiko Aquaplaning

Aquaplaning terjadi ketika ban mobil kehilangan kontak dengan aspal karena genangan air, menyebabkan kehilangan traksi dan ketidakstabilan kendaraan.

Hindari kecepatan tinggi di atas genangan air, dan pastikan ban tidak botak untuk mengurangi risiko aquaplaning.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Masalah pada Mobil yang Kerap Terjadi di Musim Hujan, Ini Cara Mengatasinya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/5-masalah-pada-mobil-yang-kerap-terjadi-di-musim-hujan-ini-cara-mengatasinya .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik