Mudik Lebaran Pakai Helm Full Face atau Half Face? Ini yang Dianjurkan

Mudik Lebaran Pakai Helm Full Face atau Half Face? Ini yang Dianjurkan

Otomotif | inews | Kamis, 4 April 2024 - 19:29
share

JAKARTA, iNews.id - Banyak masyarakat yang memilih mudik menggunakan sepeda motor. Pertimbangannya lebih praktis dan efisien.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah aspek keamananan mulai dari kesiapan fisik, kesiapan sepeda motor hingga perlengkapan berkendara.

Salah satunya adalah penggunaan helm. Namun masih banyak yang bingung untuk perjalanan jauh mudik Lebaran sebaiknya memakai helm half face atau full face (tertutup)?

Head of Safety Rading Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani mengatakan, pemilihan helm harus disesuaikan dengan aktivitas dan kondisi medan. Namun, untuk perjalanan jauh disarankan pakai helm full face.

"Untuk keamanan gunakan helm full face. Walau secara visibilitas kurang baik dibandingkan helm half face, namun untuk faktor keamanan lebih maksimal. Ini karena semua bagian kepala terlindungi," ujarnya, dalam acara Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

"Jika terjadi kecelakaan risiko cedera bisa diminimalkan. Bila pakai helm half face kepala akan terlindungi, tapi wajah dan dagu tidak terlindungi. Jika jatuh bisa robek," kata Agus.

Penggunaan helm sendiri diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat (8). Tidak sembarang helm boleh digunakan tapi harus berstandar SNI.

"Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)," bunyi pasal ersebut.

Topik Menarik