Motoran saat Berpuasa, Perhatikan 7 Hal Penting Ini agar Tak Cepat Haus dan Ngantuk di Jalan

Motoran saat Berpuasa, Perhatikan 7 Hal Penting Ini agar Tak Cepat Haus dan Ngantuk di Jalan

Otomotif | inews | Senin, 1 April 2024 - 05:17
share

JAKARTA, iNews.id - Tips motoran saat berpuasa penting untuk diperhatikan terutama mereka yang akan mudik Lebaran. Ini agar kesehatan terjaga, tidak cepat haus dan mengantuk di jalan.

Apa saja yang harus diperhatikan bagi pemotor yang akan mudik Lebaran? Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Senin (1/4/2024), berikut ulasannya.

1. Rencanakan Perjalanan

Motoran di bulan puasa apalagi dengan jarak yang jauh perlu perencanaan perjalanan yang lebih matang dari biasanya. Ini karena akan ada banyak tempat jajanan dadakan, yang berbeda dari hari-hati biasa.

Diperlukan perencanaan perjalanan agar tidak terjebak macet akibat kepadatan di ruas-ruas jalan yang biasanya mulai terjadi saat menjelang berbuka. Carilah jalur alternatif yang dirasa tidak terlalu ramai.

2. Istirahat Cukup

Di bulan puasa, jam tidur seseorang berubah dan cenderung kurang. Untuk itu atur jam istirahat serta waktu tidur agar dapat berkonsentrasi dengan baik.

Mengantuk saat motoran akan sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Jika di perjalanan konsentrasi mulai menurun karena ngantuk, sebaiknya istirahat dulu.

3. Atur Asupan Makanan

Puasa sudah pasti menyebabkan jam makan berubah. Sementara biker tetap butuh asupan agar kebutuhan energi tercukupi. Untuk itu ketika berbuka dan sahur makanlah makanan bernutrisi tinggi dan minum yang cukup agar tidak dehidrasi.

4. Pemanasan

Pemanasan sebelum berkendara menjadi jauh lebih penting dilakukan saat berpuasa. Pemanasan akan meningkatkan respons tubuh sekaligus mengetahui apakah siap diajak berkendara.

5. Fokus Berkendara

Energi pada saat puasa terbatas. Diharapkan energi yang ada dialokasikan dan difokuskan untuk berkendara. Jangan terganggu hal-hal yang membuat energi terkuras di jalan

6. Kendalikan emosi

Selain kondisi fisik yang harus dijaga, emosi juga perlu diperhatikan. Berpikir positif terhadap pengendara lain perlu untuk menjaga kondisi nonfisik terkait dengan emosi.

Bila kondisi lelah dan emosi tidak stabil dikhawatirkan bertindak negatif di jalan. Untuk itu, perlu kesabaran dan toleransi agar tidak terpancing emosi.

7. Prediksi Bahaya

Saat bulan puasa, terutama menjelang berbuka kondisi jalan akan lebih ramai dari biasa. Memprediksi bahaya saat berkendara diperlukan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan di jalan.

Untuk menghindari potensi bahaya, jaga jarak aman, kurangi kecepatan sehingga punya ruang waktu untuk bereaksi dan meningkatkan kewaspadaan.

Itulah tips motoran saat berpuasa agar di perjalanan aman dan nyaman.

Topik Menarik