Viral Kasus BBM Pertalite Dicampur Air, Ini Dampak untuk Mesin Motor

Viral Kasus BBM Pertalite Dicampur Air, Ini Dampak untuk Mesin Motor

Otomotif | inews | Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:01
share

JAKARTA, iNews.id - Kabar BBM jenis pertalite dicampur air di salah satu SPBU di Bekasi, Jawa Barat tentu merasahkan. Ini dampak yang ditimbulkan untuk mesin.

Air berbahaya bagi kondisi mesin yang sedang hidup. Saat masuk ke dalam ruang pembakaran, air dapat membuat komponen di dalam mesin rusak yang dinamakan waterhammer.

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengungkapkan ada banyak dampak buruk akibat BBM yang tercampur dengan air.

Air itu kan enggak menyatu dengan bensin dan itu bisa membuat tangki berkarat. Karatnya itu bisa menyumbat filter, lama kelamaan kalau itu kotor atau berkarat bisa mempengaruhu proses pembakaran, kata Anton di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Jika sudah mengisi BBM yang tercampur air, Anton menyarankan segera membawanya ke bengkel resmi. Selain menguras tangki bahan bakar, komponen lain seperti injektor dan bagian dalam mesin juga perlu dibersihkan.

Langkah ke pengurasan dilakukan untuk memastikan tidak ada air yang tersisa di tangki bahan bakar, ruang pembakaran, ruang mesin, dan juga injektor. Dengan begitu, motor akan kembali bekerja secara optimal.

Kita juga engga sadar kalau misalkan kondisi bensinya tercampur air, atau dulu orang mencampurkan oktan boster misalkan. Itukan tidak semuanya larut ke bensin, terkadang itu menjadi pentumbat injektor sehingga perlu dibersihkan dan dirawat secara rutin, tuturnya.

Topik Menarik