Terjadi Gempa saat Mengemudikan Mobil, ini Tindakan Harus Dilakukan

Terjadi Gempa saat Mengemudikan Mobil, ini Tindakan Harus Dilakukan

Otomotif | serpong.inews.id | Kamis, 21 Maret 2024 - 05:20
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id Tindakan apa yang harus dilakukan bila sedang mengemudi lalu terjadi gempa? Perlu langkah antisipatif saat gempa terjadi agar terhindar dari kecelakaan saat sedang berkendara.

Pengemudi dapat melihat tanda-tanda dari sekitar, seperti pohon yang bergoyang secara tidak normal atau orang-orang yang keluar dari rumah atau bangunan dengan tergesa-gesa.

Jika mengalami hal tersebut, jangan panik, terutama saat kendaraan bergoyang tanpa kendali. Tetap fokus pada jalan di depan, mengingat adanya risiko pohon atau bangunan roboh, jalan retak, dan tanah longsor.

Amati Situasi Genting

Langkah selanjutnya adalah mengangkat kaki dari pedal gas dan mengurangi kecepatan secara perlahan. Hindari mengerem mendadak karena dapat membahayakan pengemudi di belakang.

Amati situasi, jika tidak ada bahaya yang mengancam, maka pengemudi boleh melanjutkan perjalanan. Namun, sebaiknya berhenti sejenak untuk memeriksa kondisi kendaraan dan jalan yang akan dilalui.

Nyalakan lampu hazard, tunggu sampai situasi tenang dan terkendali. Pastikan semua penumpang dalam kondisi baik. Perhatikan juga kondisi kendaraan untuk memastikan tidak ada kerusakan.

Utamakan keselamatan dan kendalikan emosi agar tidak menimbulkanmasalah baru, seperti kecelakaan. Jika berada di daerah pesisir pantai dan ada peringatan tsunami, segera tinggalkan mobil dan cari lokasi tinggi yang aman.

Bencana alam seperti gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Keselamatan pribadi harus diutamakan. Penting untuk mengetahui cara menyelamatkan diri dan kendaraan agar terhindar dari masalah seperti kecelakaan atau tertimpa benda yang roboh, kata Nur Irmansyah Tara, Kepala Divisi Bisnis Purnajual Auto2000.

Cara terbaik saat menghadapi gempa bumi dengan getaran kuat adalah menepikan mobil di lokasi terbuka tanpa bangunan tinggi. Hal ini penting agar dapat melakukan langkah-langkah selanjutnya jika terjadi gempa susulan. (*)

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ini Tindakan Harus Dilakukan jika Terjadi Gempa saat Mengemudikan Mobil ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/ini-tindakan-harus-dilakukan-jika-terjadi-gempa-saat-mengemudikan-mobil .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik