Terjatuh dari Motor, Ini Harus Dilakukan agar Tidak Cedera Serius

Terjatuh dari Motor, Ini Harus Dilakukan agar Tidak Cedera Serius

Otomotif | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 07:12
share

JAKARTA, iNews.id Mudik Lebaran menggunakan sepeda motor menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat karena dianggap lebih efisien. Tapi, ada risiko besar jika mengendarai motor perjalanan jauh.

"Setiap pengendara harus siap secara fisik dengan risiko terjatuh saat mengendarainya. Untuk meminimalkan dampak negatif, ada teknik yang aman bila terjatuh agar tidak mengalami cedera serius," ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky.

Dia pun membagikan tips aman ketika terjatuh dari motor, sebagai berikut:

1. Lepas sepeda motor

Sepeda motor sudah menjadi kendaraan yang memiliki sisi emosional bagi pengendaranya. Bahkan, saat terjatuh pun takut kehilangan sehingga abai pada keselamatan diri.

"Namun, walau darurat harus rasional. Ketika kita terjatuh dan masih berpegangan pada sepeda motor atau tidak melepaskannya memiliki potensi bahaya lebih tinggi. Pengendara berisiko tertimpa atau terseret. Ini berbahaya bila motor terbakar," kata Lucky.

Melepaskan diri dari sepeda motor akan membantu mengurangi momentum dan mengamankan diri dari situasi berbahaya.

2. Berguling

Jatuh dengan posisi berguling dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk atau melingkari tubuh. Tindukkan kepala dengan posisi dagu menempel pada dada.

"Saat berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh," ujarnya.

3. Sisi Kiri Jalan

Saat melepaskan sepeda motor, sebaiknya pengendara mengarahkan tubuh ke kiri jalan. Ini lebih minim risiko karena sisi kiri jalan cenderung lebih sepi dari kendaraan arah lain.

4. Jangan Langsung Berdiri

Saat terjatuh, sebaiknya jangan langsung berdiri. Coba melakukan gerakan pada tangan dan kaki untuk mengonfirmasi kondisi tubuh, apakah ada yang terkilir atau patah. Ini untuk menghindari cedera yang lebih parah.

5. Segera ke Rumah Sakit

Apabila cedera cukup serius, segera ke rumah sakit melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ini untuk mengetahui apakah perlu mendapatkan tindakan medis lanjutan atau tidak.

Pada praktiknya, teknik jatuh di atas tidak semudah seperti disampaikan. Untuk itu, tetap gunakan perlengkapan berkendara dengan baik, tingkatkan kemampuan berkendara, kendalikan emosi, pahami kondisi dan antisipasi bahaya saat berkendara di jalan untuk keselamatan berkendara, kata Lucky.

Topik Menarik