8 Tips Memilih Ban Motor yang Tepat, Salah Pilih Bisa Pengaruhi Penggunaan BBM

8 Tips Memilih Ban Motor yang Tepat, Salah Pilih Bisa Pengaruhi Penggunaan BBM

Otomotif | serpong.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 06:10
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id Komponen kunci pada kendaraan salah satunya adalah ban, tidak hanya memberikan kenyamanan, juga memengaruhi performa, efisiensi bahan bakar dan keselamatan dalam berkendara.

Salah memilih ban bisa berdampak berbahaya saat berkendara maupun membuat boros bahan bakar. Oleh karena itu, penting untuk memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan.

Wahana Honda menyarankan untuk memilih ban sesuai dengan ukuran standar yang direkomendasikan oleh pabrikan demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Memilih Ban yang Tepat

Berikut adalah tips memilih ban motor untuk digunakan dalam mobilitas sehari-hari:

1. Pilih ban untuk kondisi kering dan basah : Ban yang cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi jalanan, baik basah maupun kering, memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksi yang baik. Ban seperti ini umumnya lebih sering digunakan di Indonesia.

2. Sesuaikan dengan ukuran : Ukuran ban harus disesuaikan dengan ukuran velg yang digunakan. Ukuran standar ban biasanya adalah 70/90 dan 80/90, sedangkan untuk motor injection atau metic biasanya menggunakan ukuran 80/90 dan 90/90.

3. Perhatikan tahun pembuatan : Perhatikan kode pada ban yang menunjukkan tahun pembuatannya. Memperhatikan tahun pembuatan ini penting untuk memastikan kualitas ban yang tetap baik.

4. Perawatan yang baik : Ban yang digunakan di iklim tropis seperti di Indonesia cenderung memiliki umur pakai yang lebih singkat. Namun, perawatan yang baik dapat memperpanjang umur pakai ban tersebut.

5. Pilih permukaan telapak yang sedang : Ban dengan telapak yang sedang cocok untuk penggunaan sehari-hari karena memberikan keseimbangan antara irit bahan bakar dan kestabilan.

6. Tentukan tujuan penggunaan : Sesuaikan jenis ban dengan tujuan penggunaan sepeda motor, apakah untuk digunakan sehari-hari, touring, atau jalan offroad.

7. Perhatikan jenis jalan yang sering dilalui : Pertimbangkan kondisi jalanan yang sering dilalui sebelum memilih ban. Jika sering melalui jalanan basah, lebih aman menggunakan ban dual purpose.

8. Sesuaikan dengan budget : Tetap sesuaikan pemilihan ban dengan kondisi keuangan yang dimiliki agar tidak memberatkan.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan pengguna dapat memilih ban motor yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tips Memilih Ban Motor, Salah Pilih Ini yang Bisa Terjadi ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/tips-memilih-ban-motor-salah-pilih-ini-yang-bisa-terjadi/all .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik