Tips Berkendara Aman dengan Motor Listrik, Usahakan Pakai Jaket Cerah

Tips Berkendara Aman dengan Motor Listrik, Usahakan Pakai Jaket Cerah

Otomotif | sindonews | Rabu, 28 Februari 2024 - 18:18
share

Beragam motor listrik telah beredar di pasaran. Namun masih banyak yang belum tahu bahwa karakteristik motor listrik sebenarnya berbeda dengan motor konvensional, sehingga penting untuk mengetahui tips berkendara aman dengan motor ramah lingkungan tersebut.

Menurut Hendrik Ferianto, instruktur safety riding PT Astra Honda Motor (AHM), seiring kehadiran motor dengan teknologi canggih, pengendara juga harus lebih canggih. Ia menyebut ketika memutuskan menggunakan motor listrik, maka cara berkendaranya juga harus diubah.

"Yang terpenting adalah kenali dan pelajari dulu motor yang digunakan. Teknologinya, top speed, dan jarak tempuh harus diketahui karena saat ini tempat pengisian baterai motor listrik juga belum banyak," kata Erik dalam pelatihan safety riding bersama media, Rabu (28/2/2024).

"Seberapa jauh jarak tempuh motor yang digunakan perlu diketahui untuk memperkirakan apakah motor bisa sampai tujuan untuk menghindari kehabisan daya saat di jalan," katanya.

Selain mengenali teknologi dan spesifikasi yang diusung, Erik juga menyebut pengendara harus tahu bahwa motor listrik tidak memiliki suara dan getaran sehingga feelingnya harus diperkuat. Ia menekankan agar saat hendak menarik gas, ada baiknya lebih dahulu menarik tuas rem.

Selain itu juga ia mengimbau agar pengendara menggunakan perlengkapan berkendara dengan warna yang cerah agar dapat meningkatkan visibilitas dari pengendara sekitar, mengingat sepeda motor listrik kebanyakan berukuran mini.

"Saat menyalakan motor, rem belakang jangan dilepas. Ketika gas dibuka, rem pelan-pelan dilepas supaya tarikan motor tidak menghentak. Pakai juga perlengkapan berkendara dan usahakan yang cerah agar terlihat pengendara lain karena kan motor listrik kebanyakan ukurannya kecil," tuturnya.

Topik Menarik