Beda dari Indonesia, Riding di Thailand Motor Boleh Lewat Tol dan Harga Moge Lebih Murah

Beda dari Indonesia, Riding di Thailand Motor Boleh Lewat Tol dan Harga Moge Lebih Murah

Otomotif | BuddyKu | Senin, 27 Maret 2023 - 14:57
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dan Thailand merupakan negara terbesar di Asia Tenggara. Keduanya sama-sama sebagai pasar dan produsen otomotif terbesar di ASEAN.

Meski wilayah Thailand lebih kecil dari Indonesia, Industri otomotif mereka relatif lebih maju dan angka ekspornya lebih tinggi. Maklum, Thailand adalah negara dengan daratan luas sehingga kendaraan roda empat dan roda dua menjadi moda transportasi utama masyarakat di sana. Sementara Indonesia merupakan wilayah kepulauan.

Ini juga berpengaruh pada regulasi di sana, baik aturan berkendara motor maupun perizinan penjualan kendaraan roda dua. Di Thailand, pemotor bisa melintasi highway atau di Indonesia jalan tol.

Ini terungkap dalam touring Hayaidesu The Ride pada 17 Maret 2023 sampai 24 Maret 2023 di Thailand. Peserta melewati rute Bangkok - Kanchanaburi - Ayutthaya - Nakhon Ratchasima - Pattaya - Bangkok sejauh 1.000 km.

Peserta dari Indonesia menggunakan motor Honda Africa Twin, Yamaha R6, Honda CBR 650R, Triumph Trident 660, Kawasaki Z-650, Honda NC-750X, dan tiga unit Honda CB 500X.

Dipimpin Tim Riple Motorental sebagai Road Captain, peserta memulai riding menapaki aspal mulus Thailand dengan batas kecepatan cukup tinggi, sehingga rata-rata kecepatan ketika riding di highway 140 - 150 km per Jam.

Kalau di Indonesia naik motor bisa masuk tol pasti kaya gini ya rasanya, gila enak banget, kata Mblo Rizki, peserta riding dari Indonesia setelah melewati highway di Thailand dalam keterangan tertulisnya dilansir iNews.id, Kamis (27/3/2023).

Cuaca panas Thailand yang bisa mencapai 40 derajat celcius ketika siang hari menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang riding di negara tersebut. Untuk keamanan dan keselamatan touring peserta diberi perlengkapan Hayaidesu, mulai dari sarung tangan, jaket Windbreaker, kaos, hingga pelindung lutut serta siku.

Thailand juga dikenal dengan pameran otomotifnya. Di mana usai touring mereka menyambangi Bangkok International Motorshow 2023. Paling mencengangkan harga motor gede (moge) di sana ternyata jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Ducati baru dibanderol Rp200 juta dan Triumph Trident 660 yang digunakan di Hayaidesu The Ride harganya hanya sekitar Rp147 juta. Sementara di Indonesia harganya di atas Rp300 jutan.

Topik Menarik