Mobil Hybrid Tak Dapat Subsidi, Wuling dan Toyota Bilang Begini

Mobil Hybrid Tak Dapat Subsidi, Wuling dan Toyota Bilang Begini

Otomotif | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 23:07
share

JAKARTA Pemerintah akhirnya memberikan subsidi kendaraan listrik yang meliputi, motor, mobil dan bus. Namun, pemerintah tidak menyebut mobil hybrid , yang sebelumnya digadang-gadang memiliki peluang mendapat subsidi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa mobil hybrid tidak mendapat subsidi karena dianggap tidak termasuk ekosistem kendaraan listrik.

Mobil hybrid tidak dapat, kenapa? Jadi kita ini sekarang adalah untuk membangun percepatan pembangunan EV di indonesia. Ini bukan ekosistem, karena kita ingin punya ekosistem. Ada baterai, nikel. Jadi itu yang mau kami dorong, kata Menperin.

Menanggapi ketegasan pemerintah terkait mobil hybrid, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan, pihaknya tak akan mengubah komitmen terkait memberi beragam jenis mobil ramah lingkungan.

Menurutnya, Toyota tak hanya menyediakan BEV tapi menyediakan produk yang inovatif karena konsumen di Indonesia yang bervariasi.

Ia juga menuturkan bahwa berbagai pilihan powertrain yang disebut multi-pathway menjadi cara tepat memperkenalkan kendaraan listrik kepada masayarakat, terutama teknologi baru.

Bahkan mulai dari segmen LCGC dengan keiritan (BBM) 1:21. Lalu ada hybrid, plug-in hybrid, dan juga BEV. Jadi harapan kami dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, ujarnya.

Sementara itu, produsen lain yang menawarkan kendaraan hybrid lainnya adalah Wuling Motors. Meski mobil hybrid tidak mendapat subsidi dari pemerintah, namun pihaknya mengikuti ketentuan dari pemerintah.

Kami mengikuti peraturan pemerintah seperti apa, karena kami yakin pemerintah saat mengeluarkan peraturan juga sudah banyak pertimbangannya. Jadi, kita ikuti (keputusan) pemerintah seperti apa, kata Dian di Jakarta Pusat.

Topik Menarik