Banyak yang Belum Tahu Ada Ventilasi di Bawah Jok Innova Zenix, Apa Fungsinya?

Banyak yang Belum Tahu Ada Ventilasi di Bawah Jok Innova Zenix, Apa Fungsinya?

Otomotif | BuddyKu | Kamis, 23 Maret 2023 - 07:07
share

JAKARTA, iNews.id Toyota Kijang Innova Zenix memiliki sejumlah fitur yang membantu mempermudah pengemudi dalam berkendara. Tapi, banyak yang belum tahu bahwa ada fitur ventilasi yang di bawah jok. Fungsinya untuk apa?

Seperti diketahui, Kijang Innova Zenix memiliki versi hybrid yang dilengkapi motor penggerak listrik dan baterai. Toyota menempatkan baterai mobil tepat di bawah jok depan dan ini berkaitan dengan ventilasi tersebut.

Baterai pada kendaraan ramah lingkungan memiliki tugas seperti bahan bakar minyak (BBM) pada mobil pembakaran internal. Daya listrik akan disalurkan untuk menggerakkan motor listrik sekaligus menyimpan daya yang dihasilkan dari motor generator.

Sistem pendinginan yang digunakan berbasis udara (air cooled) bekerja dengan cara mengalirkan udara dari kabin ke baterai. Ini dilakukan untuk mempertahankan temperatur penggerak motor listrik tersebut agar selalu berada pada angka standar.

Terdapat motor blower yang berfungsi menyalurkan udara dari kabin melalui saluran pendingin (air intake duct) berupa ventilasi di bawah jok penumpang depan. Jika air intake duct tertutup, maka udara yang dialirkan akan terhambat, bahkan hilang sama sekali.

Ali Rosyadi, Service Technical - Aftersales Business Division Auto2000 mengatakan apabila ventilasi tersebut tertutup, maka akan menyebabkan penurunan performa, yang dapat mengarah pada kerusakan.

Kalau dibiarkan tertutup, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan HV baterai menjadi overheat dan kinerjanya juga akan menurun, baik pada saat charge maupun discharge. Oleh sebab itu, jangan menutup air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid, kata Ali dalam keterangan pers dilansir Rabu (22/3/2023)

Kinerja baterai yang tak optimal atau overheat akan memberikan notifikasi melalui indikator yang menyala pada speedometer. Pemeriksaan awal adalah mengecek apakah ventilasi tertutup, dan jika tidak menemukan sumber penyebabnya, maka disarankan membawa mobil ke bengkel.

Jika rusak, maka baterai tidak dapat menyimpan listrik yang dihasilkanoleh motor generator saat kondisi charging. Ketika kondisi SOC (State of Charge/pengisian) berada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup secara terus menerus sebagai sumber tenaga utama kendaraan.

Pastikan air intake duct HV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid dalam kondisi baik dengan melakukan pengecekan melalui servis berkala, ujar Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Topik Menarik