Pembeli Curhat Alasan Beli Pakaian Impor Bekas: Harga Murah dan Bagus

Pembeli Curhat Alasan Beli Pakaian Impor Bekas: Harga Murah dan Bagus

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 20:47
share

JAKARTA - Pusat pakaian bekas impor (thrifting) di Lantai 2 Blok III Pasar Senen , Jakarta Pusat masih ramai pembeli. Meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melarang impor pakaian bekas yang dinilai merusak pasar dalam negeri.

Berdasarkan pantauan Okezone, Rabu (22/3/2023), terlihat Pasar Senen masih dipadati warga dari berbagai usia, namun jika dilihat situasinya tak sampai penuh sesak dibanding sebelumnya.

Diketahui, Pasar Senen memang dikenal sebagai pusat dari pakaian bekas impor (Thrifting), barang-barang yang memang dijual pun hanga dibanderol dengan harga yang relatif murah sehingga disukai pembeli.

Berdasarkan penelusuran Okezone, harga yang dijajakan mulai dari Rp10 ribuan untuk baju, kaos, Rp50 ribu untuk rok maupun celana hingga Rp150 ribu untuk Jaket.

Di sisi lain, pelaku bisnis pakaian bekas impor ternyata juga telah membantu masyarakat menengah ke bawah.

Seperti yang dikatakan oleh pembeli pakaian thrift di Pasar Senen, Atik (36), dia mengaku bahwa tak setuju jika pemerintah melarang hingga menutup bisnis thrifting yang ada di Pasar Senen tersebut.

Enggak setuju, soalnya di sini bajunya murah, bagus-bagus dan harganya juga terjangkau, jadi namanya kita kelas menengah kebawah, jadinya kesini. Udah gitu kan dari pakaian juga bagus-bagus dan branded jadi enggak setuju juga kalau ditutup gitu, bebernya.

Berbeda dengan Atik, Olga (21) yang juga pembeli pakaian thrifting di Pasar Senen juga mengatakan bahwa dia kecewa dengan adanya larangan tersebut, namun disisi lain dia juga mengakui dengan adanya larangan tersebut masyarakat bisa lebih mencintai produk dalam negeri.

Ya pastinya sedih dan kecewa ya karena harus diberhentikan dan dilarang buat ngethrifting tapi disisi lain ada bgusnya juga karena bikin kita lebih cinta produk dalam negeri, ujar Olga saat ditemui Okezone di Pasar Senen.

Selain murah, adapun daya tarik tersendiri dari penikmat thrifting membeli pakaian bekas di Pasar Senen, yakni barang-barang yang diperjualkan masih layak dipakai dan hanya ada satu.

Karena lebih murah terus barangnya juga bagus-bagus, udah gitu kan ber-merk juga, itu sih ungkap Atik.

Baju thrift itu satu dan lainnya gak bisa disamain karena motifnya yang lucu, keren dan bagus, ujar Olga.

Terakhir, Olga pun berharap agar pemerintah memberikan solusi kepada para pelaku bisnis thrifting tersebut.

Semoga pemerintah ada solusinya buat pedagang thrifting agar mreka tetap bisa berjualan dan mndapatkan penghasilan, tutup Olga.

Topik Menarik