3 Cara Mengatasi Motor 'Ngebul' Tanpa Bongkar Mesin, Ini Langkahnya!

3 Cara Mengatasi Motor 'Ngebul' Tanpa Bongkar Mesin, Ini Langkahnya!

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 30 September 2022 - 15:28
share

Pemilik sepeda motor tak jarang memiliki masalah terkait dengan mesin, seperti mengeluarkan asap melalui knalpot atau ngebul.

Sepeda motor ngebul biasanya disebabkan oleh silinder atau liner mesin yang sudah haus, pengaruh knalpot, ring piston sudah haus, hingga oli yang sudah habis/kaotor.

Ketika masalah tersebut terjadi, beberapa cara mengatasi dapat dilakukan, namun, tak seluruhnya memerlukan bongkar mesin.

Lantas, bagaimana cara mengatasi motor \'ngebul\' tanpa bongkas mesin? Ini langkahnya!

1. Ganti oli berkala

 ganti oli motor
Ilustrasi ganti oli motor (en.wikipedia.org)

Cara mengatasi motor \'ngebul\' tanpa bongkar mesin yang pertama adalah dengan mengganti oli secara berkala. Oli adalah hal utama yang penting dalam kendaraan.

Oli menjaga mesin dari gesekan agar tidak terlalu berdampak buruk pada mesin. Jika tak diganti secara berkala, oli akan berperan buruk pada mesin, salah satunya membuat mesin berasap.

2. Hindari tune up mesin berlebihan

Tune up sepeda motor
Tune up motor (insurancedekho.com)

Tune up pada sepeda motor tentu diperlukan. Namun, jika tune up berlebihan akan menyebabkan sepeda motor menjadi \'ngebul\' karena pengaturan tidak sesuai dengan mesin, sehingga membuat pembakaran di dalam mesin.

Jika demikian, suhu mesin akan menjadi panas pada saat pembakaran.

3. Bersihkan ruang pembakaran

 ruang pembakaran motor
Ilustrasi ruang pembakaran motor (rexco-solution.com)

Cara mengatasi motor \'ngebul\' tanpa bongkar mesin lainnya adalah dengan membersihkan ruang pembakaran, tepatnya pada keraknya.

Ketika sudah bersih, pastikan untuk mengisi bahan bakar sesuai dengan karakteristik mesin motor agar tidak mengeluarkan asap.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi motor \'ngebul\' tanpa perlu membongkar mesin yang dapat kamu ketahui.

Topik Menarik