Loading...
Loading…
3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati, Jangan Dianggap Sepele!

3 Penyebab Jarum RPM Mobil Mati, Jangan Dianggap Sepele!

Powered by BuddyKu
Otomotif | Okezone | Selasa, 05 Juli 2022 - 10:26

TERDAPAT beragam masalah yang mungkin dijumpai para pemilik mobil. Salah satunya adalah jarum RPM mobil mati yang sebenarnya ini dapat membahayakan saat berkendara karena tidak bisa mengetahui seberapa nesar RPM mobil yang dikendarai.

Untuk diketahui, RPM merupakan singkatan dari revolutions per minute yang merupakan indikator pengukur putaran mesin. Jarum RPM ini akan tetap bergerak selama mesin mobil menyala, walaupun mobilnya tidak bergerak sama sekali.

Nah bagi para pemilik mobil, penting untuk mengetahui penyebab jarum RPM mati. Berikut ini adalah penyebab jarum RPM mobil mati, melansir dari blog Auto2000:

1. Masalah kelistrikan

Seperti diketahui bersama, panel indikator erat sekali kaitannya dengan sistem kelistrikan kendaraan. Bisa dibilang hubungan antara keduanya tidak dapat dipisahkan.Jadi, jika jarum RPM mati, bisa jadi sistem kelistrikan pada dashboard mobil mengalami korsleting.

Untuk memastikan bahwa jarum RPM mati benar-benar disebabkan oleh sistem kelistrikan yang korslet bisa melakukan pemeriksaan kabel. Lakukan pemeriksaan oleh ahlinya, jika benar ternyata sistem kelistrikan bermasalah, maka lakukanlah perbaikan.

Baca Juga :
Ini 3 Penyebab Utama Jarum RPM Mobil Sering Mati, Segera Dicek!

2. Masalah pada panel

Selain bermasalah pada sistem kelistrikan, penyebab jarum RPM mobil mati bisa juga karena kesalahan pada panel. Umumnya, jika ada panel speedometer yang rusak, indikator akan mati secara otomatis dan tidak berfungsi.

Beruntung, saat ini pengecekan kondisi panel RPM mobil bisa dilakukan dengan mudah. Pengecekan bisa dilakukan menggunakan sebuah alat yang bernama scan tool untuk mengetahui bagian mana dari panel tachometer yang rusak atau error.

Jika panel yang rusak sudah ditemukan, maka segera ganti panel tersebut dengan yang baru untuk mengoptimalkan performa kendaraan. Jangan tunggu lama lahi karena seperti yang telah disebutkan tadi, jarum RPM mati bisa menyebabkan bahaya.

Original Source

Topik Menarik