Loading...
Loading…
Alami Kecelakaan Fatal, Guanyu Zhou: Halo Selamatkan Hidupku

Alami Kecelakaan Fatal, Guanyu Zhou: Halo Selamatkan Hidupku

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sportstars | Senin, 04 Juli 2022 - 05:06

SILVERSTONE - Guanyu Zhou bersyukur selamat dari insiden kecelakaan fatal pada balapan F1 GP Inggris 2022, Minggu (3/7/2022) malam WIB. Pembalap Alfa Romeo F1 Team itu menyebut peranti Halo sebagai penyelamat hidupnya.

Halo merupakan teknologi yang diperkenalkan oleh F1 pada 2018. Perangkat keselamatan itu terpasang tepat di atas kokpit untuk melindungi kepala pembalap dari benturan.

Awalnya, perangkat keselamatan ini sempat mendapat penolakan dari beberapa pembalap. Akan tetapi, Halo terbukti menyelamatkan nyawa pembalap, seperti Roman Grosjean saat mengalami kecelakaan horor di GP Bahrain 2020.

Mobil Alfa Romeo F1 Team yang dikemudikan Guanyu Zhou meluncur dalam keadaan terbalik sebelum terlempar ke luar lintasan Sirkuit Silverstone (Foto: Reuters/Molly Darlington)
Guanyu Zhou selamat berkat perangkat Halo yang berada di atas kepalanya (Foto: Reuters/Molly Darlington)

Hampir sama seperti Grosjean, Zhou mengalami kecelakaan hebat hingga mobilnya terbalik dan berputar di Sirkuit Silverstone. Pembalap berpaspor China itu sempat dibawa ke ruang medis untuk mendapat pemeriksaan.

Setelah balapan, Zhou mengaku teknologi Halo menyelamatkan hidupnya pada kecelakaan tersebut. Dia bersyukur bisa selamat dari kecelakaan horor di tikungan satu Sirkuit Silverstone.

Itu adalah kecelakaan yang sangat buruk dan saya senang saya baik-baik saja. Pekerjaan para marshall dan tim medis sangat fantastis, kata Zhou, dilansir dari Speedweek , Senin (4/7/2022).

Saya juga berterima kasih atas pekerjaan yang dilakukan oleh FIA dan Formula 1 tentang keselamatan. Halo menyelamatkan saya hari ini, saya yakin itu, sambung pembalap berusia 23 tahun itu.

Guanyu Zhou (Alfa Romeo F1 Team) dibawa dengan tandu oleh marshall yang bertugas pada F1 GP Inggris 2022 (Foto: Reuters/Molly Darlington)
Guanyu Zhou (Alfa Romeo F1 Team) dibawa dengan tandu oleh marshall yang bertugas pada F1 GP Inggris 2022 (Foto: Reuters/Molly Darlington)

F1 dan FIA memang bekerja serius untuk terus meningkatkan standar keselamatan pada balapan jet darat tersebut. Mereka tak ingin lagi ada nyawa melayang kendati balapan tetap mengandung risiko yang tinggi.

Adapun, seri ke-11 F1 2022 itu berhasil dimenangi oleh Carlos Sainz Jr dari Scuderia Ferrari. Itu merupakan kemenangan pertama Sainz di ajang F1 sejak debut pada 2015.

Original Source

Topik Menarik

{