Loading...
Loading…
Korlantas Targetkan Pelat Nomor Berwarna Putih Diterapkan Pertengahan Juni 2022

Korlantas Targetkan Pelat Nomor Berwarna Putih Diterapkan Pertengahan Juni 2022

Powered by BuddyKu
Otomotif | Sindonews | Kamis, 02 Juni 2022 - 03:22

JAKARTA Korps Lalu Lintas ( Korlantas ) Polri menargetkan pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dengan warna dasar putih mulai berlaku sejak pertengahan Juni 2022 ini. Pasalnya, sejumlah pelat nomor kendaraan bermotor berwarna putih ini sudah didistribusikan ke jajaran Polda pada awal Juni ini.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes M Taslim Chairuddin mengatakan, material TNKB warna putih sudah dinyatakan selesai. Pihaknya kini tengah mendistribusikan ke jajaran Polda yang ada.

"Perkiraan nanti di pertengahan Juni, maksimal itu penggunaan material TNKB warna dasar putih tulisan hitam itu sudah mulai bisa digunakan, kata Taslim Chairuddin dalam keterangannya, dikutip Rabu (1/6/2022).

Taslim menjelaskan, kendaraan yang mendapat pelat nomor baru ini nantinya diutamakan kendaraan-kendaraan yang baru. Selanjutnya, kendaraan yang telah habis masa berlaku pelatnya selama lima tahun. Baca: Polri: Pelat Nomor Kendaraan Sudah Putih Semua pada 2027

Sebagaimana diketahui, penerapan TNKB berwarna dasar putih ini juga bertujuannya untuk memudahkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik yang saat ini sudah mulai diberlakukan.

Peraturan perubahan warna baru pelat nomor kendaraan tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45.

(hab)

Original Source

Topik Menarik