7 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat, Begini Cara Mudah Mengatasinya

7 Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Otomotif | BuddyKu | Selasa, 24 Mei 2022 - 13:20
share

SAAT berkendara di mobil , pasti Anda akan mengatur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan. Saat jalanan kosong, menggunakan kecepatan tinggi salah satu cara efektif untuk bisa cepat sampai di tempat tujuan.

Namun terkadang ada beberapa mobil yang tarikan gasnya terasa berat. Ketika Anda mengalami masalah ini, harus harus diketahui penyebabnya akan bisa segera diatasi.

Terkadang Anda pasti bingung apa yang terjadi dengan kondisi mobil yang tarikan gasnya terasa berat. Kali ini Okezone akan merangkum penyebab tarikan mobil terasa berat, seperti dirangkum dari Auto2000 .

1. Kampas kopling menipis

Bagi Anda yang memiliki kendaraan manual, salah satu penyebab tarikan mobil terasa berat adalah kampas kopling yang sudah menipis. Hal itu membuat cengkraman kurang kuat pada flywheel.

Ketika kampas kopling menipis, membuat fungsi kampas ganda kopling menjadi selip sehingga tarikan mobil terasa berat. Selain itu bisa juga disebabkan oleh getaran yang muncul dari bawah mobil saat sedang berjalan.

Untuk mengatasinya Anda perlu mengganti plat kopling yang baru kalau memang sudah menipis. Hal itu agar tidak muncul kerusakan lain pada flywheel dan pressure plate.

2. Bearing roda terganggu

Bearing roda memiliki fungsi sebagai bantalan roda kepada steering knuckle. Biasanya fungsi bearing roda terganggu karena kurangnya pelumasan. Hal itu membuat roda menjadi seret dan beban mobil jauh lebih berat.

Ilustrasi

Sebaiknya selalu cek kondisi bearing roda, apakan pelumasannya sudah tercukupi atau belum. Bila belum, Anda bisa datang ke bengkel terdekat untuk diberi pelumasan.

3. Cengkraman rem terlalu kuat

Rem salah satu komponen pada mobil yang memiliki peran penting. Saat berkendara Anda harus menggunakan mobil dengan cengkraman rem yang kuat. Namun bagaimana bila cengkraman terlalu kuat? Hal itu bisa membuat mobil terasa berat. Biasanya masalah ini terjadi pada rem jenis tromol ketika pemasangannya terlalu kuat.

Cara mengatasinya Anda bisa menyetel ulang rem tromol agar tidak terlalu kuat saat mencengkram ban.

4. Transmisi bermasalah

Transmisi salah satu bagian penting pada mobil. Salah satu masalah yang sering dialami adalah kesulitan dalam memindahkan gigi karena keras dan keset. Proses pemindahan gigi pun jadi terhambat

Jika mengalami masalah ini Anda perlu membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dicek.

Topik Menarik