Catat! 5 Cara Merawat Mesin Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Catat! 5 Cara Merawat Mesin Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Otomotif | okezone | Kamis, 28 April 2022 - 14:05
share

MUDIK lebaran sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Sebelum mudik, tentunya Anda harus mempersiapkan segala hal agar perjalanan mudik kamu aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, baiknya melakukan pengecekan dan perawatan terhadap mesin mobil.

Berikut ini cara merawat mesin mobil, sebelum dipakai mudik lebaran. Melansir dari laman Auto2000 .

1. Lakukan Pengecekan Secara Keseluruhan

Bagi pemudik dengan jarak jauh penting melakukan pengecekan secara menyeluruh. Mulai dari bagian komponen oli, baik dari segi keenceran atau volumenya, filter oli, hingga yang lainnya.

Selain itu cek juga bagian timing belt guna mengetahui apakah kondisi masih bagus atau sudah retak.

2. Kelistrikan Harus Prima

Bagian kelistrikan mobil juga menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa. Pasalnya kelistrikan yang berasal dari aki dapat mempengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter. Sehingga semua komponen tersebut saling membutuhkan kinerja kelistrikan yang bagus, termasuk volume air aki.

3. Cek Air Radiator Mobil

Melakukan perjalanan jarak jauh pasti membuat mesin mobil rentan panas. Untuk itu dibutuhkan air radiator untuk meminimalisir panas. Jadi penting untuk memastikan air radiator.

Topik Menarik