Timnas Indonesia Sulit Menang Lawan Irak, Shin Tae-yong Minta Tolong Wasit

Timnas Indonesia Sulit Menang Lawan Irak, Shin Tae-yong Minta Tolong Wasit

Olahraga | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 09:00
share

JAKARTA, iNews.id - Timnas Indonesia kesulitan menang melawan Irak baik itu di level senior atau kelompok umur. Pelatih Garuda Shin Tae-yong meminta tolong kepada wasit untuk adil dalam memimpin pertandingan agar rekor kelam itu bisa lenyap.

Timnas Indonesia kembali bersua Irak dalam matchday kelima Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Kamis (6/6/2024).

Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong selalu menelan pil pahit kala bersua Irak baik di level senior maupun U-23. Timnas Indonesia senior dikalahkan Irak 1-5 di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bintang Timnas Irak, Youssef Amyn. (Foto: WinWin)

Kemudian Timnas Indonesia U-23 tumbang 1-2 dari Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Shin Tae-yong kemudian flashback buruknya kepemimpinan wasit di laga tersebut.

Memang secara pendapat saya, kita kalah lawan Irak senior dan kalah juga lawan tim U-23 nya, kata Shin Tae-yong kepada wartawan termasuk iNews.id pada Selasa (28/5/2024) kemarin.

Untuk U-23 itu memang kita kalah karena ada kesalahan keputusan dari wasit, sambungnya.

Shin Tae-yong meminta tolong kepada wasit yang memimpin pertandingan di SUGBK pekan depan bisa bersikap adil. Jika hal itu terjadi, pelatih berusia 53 tahun ini optimistis Timnas Indonesia bisa meraih hasil manis kontra Irak.

Untuk kali ini mungkin kalau wasit bisa memihak (adil) kedua belah pihak dengan adil, maksudnya 50-50 ya. Kalau begitu ya saya bisa coba untuk meraih kemenangan, tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 dari Irak pada perebutan peringkat 3 Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (2/5/2024) malam WIB. (Foto: AFC)

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia akan menjamu Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6/2024). Dua laga lanjutan Grup F ini merupakan laga yang krusial bagi Skuad Garuda karena akan menentukan nasib ke babak selanjutnya.

Timnas Indonesia punya peluang sangat besar untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus otomatis lolos Piala Asia 2027. Pasukan Shin Tae-yong hanya butuh satu kemenangan pada laga kontra Irak atau Filipina.

Sebelum itu, Timnas Indonesia akan melawan Tanzania di laga uji coba. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Minggu (2/6/2024).

Topik Menarik