Hasil Final Liga 1: Persib Selangkah Lagi Juara usai Bantai Madura United di Leg I

Hasil Final Liga 1: Persib Selangkah Lagi Juara usai Bantai Madura United di Leg I

Olahraga | inews | Minggu, 26 Mei 2024 - 21:16
share

BANDUNG, iNews.id- Persib Bandung menang telak 3-0 atas Madura United 3-0 di leg I babak final championship series Liga 1 2023-2024. Persib selangkah lagi juara Liga 1.

Laga berlangsung di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Minggu (26/5/2024) malam WIB. David Da Silva tampil gacor dengan memborong dua dari tiga gol yang tercipta, sementara satu gol lainnya disumbangkan Ciro Alves.

Persib punya modal bagus saat melakoni leg II.  Leg II yang akan dihelat pada Jumat (31/5/2024) di Stadion Gelora Bangkalan.

Jalannya Pertandingan

Persib menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal. Mereka pun nyaris membuka papan skor pada menit kelima tetapi tendangan David Da Silva bisa dihalau oleh Lucas Frigeri.

Pada menit 18, gantian Ciro Alves yang hampir membawa tim tuan rumah unggul, namun sepakan mendatarnya mengarah tepat ke pelukan Frigeri. Tujuh menit kemudian, Madura United balas mengancam lewat tendangan Riyandi Abiyoso yang berubah arah setelah terkena kaki Nick Kuipers, tetapi bola yang berbelok kea rah gawang bisa ditepis oleh Kevin Ray Mendoza.

Setelah itu, Laskar Sapee Kerrab -julukan Madura United- mulai bisa mendominasi setelah setengah jam laga berjalan. Meski begitu, Persib berusaha keluar dari tekanan dengan mengandalkan serangan balik.

Pangeran Biru -julukan Persib- pun kembali memperoleh peluang matang pada menit 37 lewat tandukan Da Silva yang menyambar tendangan bebas Ciro Alves. Namun, sundulannya kurang bertenaga sehingga bisa dijangkau oleh Lucas Frigeri.

Jual beli serangan pun berlanjut di menit-menit akhir babak pertama. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang buruk dari kedua tim membuat skor kacamata masih belum berubah hingga turun minum.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Persib langsung mengambil inisiatif untuk menyerang. Tepat pada menit 49, tim tuan rumah mendapat peluang lewat tendangan Ciro Alves yang masih bisa dihalau oleh Lucas Frigeri.

Sepuluh menit kemudian, Madura United mendapat peluang beruntun lewat Dalberto. Sayangnya, tendangan beruntun yang dilepaskannya dari dalam kotak penalti bisa ditepis Kevin Ray Mendoza dan kemudian bola rebound yang dihajarnya mampu diblok bek lawan meski sudah mengarah tepat sasaran.

Terus menekan, akhirnya tim asuhan Bojan Hodak berhasil memecah kebuntuan pada menit 70 lewat gol Ciro Alves. Pemain asal Brasil itu melepaskan tendangan chip yang menggantung Lucas Frigeri sehingga bola dengan mulus masuk ke dalam gawang.

Enam menit berselang, Madura United gantian mengancam lewat tendangan jarak jauh Francisco Rivera. Namun lagi-lagi Kevin Ray Mendoza tampil sangat baik dengan bisa menjangkau bola yang mengarah ke tiang jauh itu.

Pada menit 90+4 akhirnya Persib menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 lewat gol David Da Silva. Penyerang yang akrab disapa DDS itu menanduk bola hasil umpan manis Beckham Putra dengan sangat apik.

Penyerang asal Brasil itu bahkan mampu mencetak gol keduanya pada menit 90+11 dengan sebuah tendangan mendatar dari luar kotak penalti. Alhasil, Pangeran Biru menutup pertandingan final Leg I ini dengan skor telak 3-0.  

Berikut adalah susunan pemain Persib Bandung vs Madura United:

PERSIB (4-3-3): Kevin Ray Mendoza; Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rezaldi Hehanussa; Dedi Kusnandar, Rachmat Irianto, Stefano Beltrame; Febri Hariyadi, Ciro Alves, David da Silva.

Cadangan: Kakang Rudianto, Beckham Putra, Ezra Walian, Teja Paku Alam, Ferdiansyah Cecep, Zalnando, Victor Igbonefo, Muhammad Adzikry Fadillah, Ryan Kurnia, Edo Febriansah.

Pelatih: Bojan Hodak

MADURA UNITED (4-3-3): Lucas Frigeri; Koko Ari Araya, Cleberson, Fachrudin Aryanto, Dodi Alexvan Djin; Jakob Mahler, Jaja, Francisco Rivera; Riyatno Abiyoso, Malik Risaldi, Dalberto.

Cadangan: Guntur Ariyadi, Slamet Nurcahyono, Ricki Ariansyah, Bayu Gatra, Novan Sasonko, Make Aldo Maulidino, Kartika Vedhayanto, Yuda Editya, Feby Ramzy Wirawan, Satria Tama.

Pelatih: Rahmat Basuki

Topik Menarik