Shin Tae-yong Disarankan Pakai Pemain Pelapis di Piala ASEAN 2024

Shin Tae-yong Disarankan Pakai Pemain Pelapis di Piala ASEAN 2024

Olahraga | inews | Jum'at, 24 Mei 2024 - 08:47
share

JAKARTA, iNews.id Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong disarankan untuk memaksimalkan pemain pelapis untuk tampil di Piala ASEAN 2024.

Tim Garuda dihadapkan dengan jadwal padat jika bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pasalnya, selain mentas di ajang tersebut, Timnas Indonesia juga bakal tampil di Piala ASEAN 2024 pada November-Desember nanti.

Tentu, dalam kondisi ini, Pelatih Shin Tae-yong (STY) harus pintar-pintar menjaga kondisi pemainnya dari keletihan dan kejenuhan. Untuk itu, dia perlu menetapkan prioritas dari kedua ajang tersebut.

Belakangan, publik mendorong pembentukan dua tim untuk dua ajang tersebut. Tim utama difokuskan untuk main di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sementara Piala ASEAN 2024, Timnas Indonesia hanya menurunkan pemain pelapis saja yang tampil di Liga 1.

Hal tersebut juga untuk mengantisipasi kemungkinan tak bisa dipanggilnya pemain-pemain abroad untuk Piala ASEAN 2024. Sebab, turnamen yang dulu bernama Piala AFF itu tak masuk kalendar FIFA.

Pengamat sepak bola Tanah Air, Mohamad Kusnaeni, berharap STY menggunakan komposisi pemain muda bertalenta di Liga 1 untuk berlaga di ajang tersebut.

Secara pribadi, saya berharap di Piala ASEAN ini timnas lebih banyak memberi ruang buat pemain muda. Pemain yang disiapkan untuk menjadi calon pemain andalan timnas senior di masa depan, kata pria yang akrab disapa Bung Kus itu kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (24/5/2024).

Mungkin agak sulit mendapatkan semua pemain terbaik di Piala ASEAN. Soalnya ini bukan bagian dari kalender FIFA. Inilah kesempatan terbaik melihat talenta-talenta hasil kompetisi domestik mewarnai timnas senior, tuturnya.

Dengan begitu, adanya gelaran Piala ASEAN menjadi kesempatan untuk STY dalam meracik kedalaman skuad Timnas Indonesia.

Mereka harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan performa terbaik dan membawa timnas Indonesia berprestasi, kata Bung Kus.

Banyaknya event di lingkungan ASEAN jelas sebuah keuntungan tersendiri. Pelatih timnas jadi punya banyak kesempatan untuk melihat kemampuan calon pemain timnas, ucapnya.

Topik Menarik